Breaking News:

Bakamla Jalin Kerja sama dengan Pemkab Natuna, Sinergi Amankan Perairan Natuna

Bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Natuna ke-22, Bakamla jalin kerja sama dengan Pemkab Natuna terkait sinergitan di perairan Natuna

Penulis: Pertanian Sitanggang | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bakamla Jalin Kerja sama dengan Pemkab Natuna, Sinergi Amankan Perairan Natuna. Foto Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, saat melakukan peninjauan lahan di Natuna, belum lama ini 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Tingkatkan pengawasan dan pengamanan di wilayah Natuana, Provinsi Kepri, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna tanda tangani kerja sama.

Kerja sama tersebut dilaksanakan bertepatan dengan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Natuna ke-22 pada tanggal 12 Oktober 2021.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan, nota kesepahaman yang ditandatangani berisikan tentang sinergitas dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Natuna.

Sinergi ini merupakan bentuk keseriusan Bakamla dalam upaya mengembangkan dan membangun kekuatan melalui Sistem Peringatan Dini (SPD) dibeberapa titik strategis di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Natuna.

Meskipun secara De Jure Pemkab Natuna tidak memiliki kewenangan di laut, namun peran strategis Pemkab Natuna dalam mendukung penyiapan lahan serta pengakomodasian pemenuhan ruang untuk Bakamla merupakan dukungan yang sangat signifikan.

"Saya yakin, dengan adanya kerja sama dan sinergitas ini akan tercipta kolaborasi yang harmonis dalam memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Natuna. Selain itu, juga peningkatan kapasitas masyarakat pesisir untuk ikut berpartisipasi dalam keamanan dan keselamatan di laut”, ujar Laksda TNI S. Irawan membacakan sambutan Kepala Bakamla RI.

Lebih lanjut Laksda TNI S. Irawan menjelaskan, ruang lingkup kerjasama yang ditandatangani meliputi, penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Natuna.

Baca juga: Curi Ikan, Kapal Berbendera Malaysia Ditangkap Bakamla di Perairan Takong Karimun

Baca juga: Bupati Natuna Minta Pemerintah Pusat Percepat KEK Perikanan

Pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

Serta pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

Di tempat yang sama Bupati Natuna mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian hibah barang milik daerah ini merupakan langkah yang sangat tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai perundang-undangan.

"Besar harapan lahan yang kami hibahkan dapat segera dibangun dan mohon saat perekrutan pegawai Bakamla dapatnya untuk prioritaskan putra daerah natuna,"imbuh Wan Siswandi.

(*/Tribunbatam.id/ Pertanian Sitanggang)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Kepri

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved