Breaking News:

Panglima TNI: Hadirnya Markas Kogabwilhan untuk Memperpendek Rantai Komando

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebut kehadiran Markas Kogabwilhan di Tanjungpinang untuk perpendek rantai komando dan logistik saat krisis

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad saat menghadiri peresmian Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Makogabwilhan) I, II dan III serta peresmian Monumen Tri Matra di Dompak, Tanjungpinang oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Selasa (12/10/2021). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menghadiri peresmian Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Makogabwilhan) I, II dan III serta peresmian Monumen Tri Matra di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (12/10/2021).

Setelah diresmikan, khusus untuk monumen Tri Matra langsung dihibahkan dari TNI kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, pembentukan Kogabwilhan I, II dan III merupakan representasi konsep interoperasibilitas TNI. Terutama dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

Kogabwilhan menjadi manivestasi keterpaduan antara kekuatan dan kemampuan TNI sebagai alat pertahanan negara dalam menghadapi berbagai ancaman yang semakin beragam.

Panglima TNI itu mengatakan, sejak dibentuk pada 27 September 2019 yang lalu, Kogabwilhan telah berfungsi secara aktif menjadi Kotamaops (Komando Utama Operasi) TNI dalam melaksanakan operasi militer maupun operasi militer selain perang diwilayah tanggung jawab masing-masing.

Pemilihan lokasi Markas Kogabwilhan sendiri telah direncanakan secara matang, dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek. Salah satunya, korelasinya dengan program pembangunan yang dicanangkan pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

"Dengan Konsep desentralisasi, menjadi salah satu pertimbangan strategis di samping perhitungan taktis untuk meningkatkan daya tangkal, memperkuat kolaborasi serta memperpendek rantai komando dan logistik di saat krisis," tegas Hadi.

Baca juga: Panglima TNI ke Kepri, Resmikan 3 Markas Kogabwilhan di Dompak Tanjung Pinang

Baca juga: Rencana Panglima TNI ke Kepri, Gubernur Gelar Rakor Hingga Tinjau Lokasi

Menurutnya, kehadiran Markas Kogabwilhan I di Tanjungpinang, Markas Kogabwilhan II di Penajam Pasir dan Markas Kogabwilhan III di Timika, menjadi bentuk kehadiran negara untuk melindungi integritas dan keutuhan wilayah NKRI serta keselamatan segenap bangsa.

"Untuk melaksanakan tugas secara optimal, Kogabwilhan membutuhkan sarana prasarana pendukung yang memadai. Salah satunya adalah markas komando yang menjadi pusat komando pengendalian dan perkantoran dalam pelaksanaan tugas-tugas operasi milter perang dan operasi militer selain perang," ucapnya.

Hadi juga menyampaikan pembangunan Markas Kogabwilhan tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, baik dari Pemprov Kepri, Kalimantan Timur maupun Provinsi Papua.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved