Breaking News:

CORONA KEPRI

Batam PPKM Level 1, Pemko Kaji Rencana Uji Imun Tubuh Masyarakat

Pemko Batam mengkaji rencana uji imun tubuh masyarakat saat status PPKM level 1 Batam baru diumumkan Senin (18/10) kemarin.

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengungkap rencana uji kadar imun tubuh masyarakat yang saat ini masih terus dibahas. Di sisi lain, status Batam sudah beralih ke PPKM level 1. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 54 Tahun 2021 tentang PPKM di Wilayah Sumatra, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua telah diturunkan, pada Senin (18/10/2021).

Di dalam instruksi tersebut, diinformasikan bahwa Kota Batam kini telah memperoleh asesmen level 1, sama halnya dengan Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sementara Kabupaten Lingga dan Kota Tanjungpinang saat ini menerapkan PPKM Level 2.

Adapun aturan PPKM untuk wilayah Level 2 dan Level 1 diterapkan melalui kriteria zonasi.

Salah satu contohnya, wilayah berzona hijau dan kuning pada daerah dengan PPKM Level 1 dan 2 boleh melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) sesuai dengan peraturan teknis dari Kemendikbudristek RI.

Sementara wilayah berzona oranye, KBM tatap muka dilakan secara terbatas, sedangkan wilayah berzona merah diwajibkan menjalankan KBM daring.

Baca juga: LOKASI Vaksinasi Corona di Tanjung Pinang, Targetkan 178.030 Warga Wajib Vaksin

Baca juga: BATAM PPKM Level 1, Menko Airlangga Sebut PPKM Kepri Diperpanjang Hingga 8 November 2021

Di samping itu, pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial seperti pasar tradisional, kuliner, perhotelan, konstruksi, logistik, toko kelontong dan lain sebagainya boleh beroperasi seratus persen.

Namun kegiatan operasional untuk rumah makan, restoran, mal atau pusat perbelanjaan dibatasi maksimal hingga pukul 21.00 WIB dengan kapasitas 50 hingga 75 persen.

Mal atau pusat perbelanjaan, bioskop dan tempat wisata juga wajib menerapkan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining atau protokol kesehatan yang telah diatur oleh Pemerintah Daerah, terhadap seluruh pengunjung maupun pegawai.

Penetapan level wilayah ini berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam penanggulangan Pandemi Covid-19 dari Menteri Kesehatan serta tambahan indikator capaian total vaksinasi dosis satu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved