Breaking News:

BATAM TERKINI

40 Sertifikat Lahan di Sambau Nongsa Dibatalkan PTUN Tanjungpinang, Ini Kata BP Batam

Sertifikat 40 bidang tanah di kawasan Sambau, Nongsa Batam yang diterbitkan BPN Batam kini dibatalkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang.

Istimewa
Sertifikat 40 bidang tanah di kawasan Sambau, Nongsa Batam yang diterbitkan BPN Batam kini dibatalkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang. Ilustrasi sertifikat tanah 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) terkendala.

Hal ini dikarenakan, 40 bidang tanah di kawasan Sambau, Nongsa yang semula sertifikatnya diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam, tahun lalu sudah dibatalkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang.

Gugatan terhadap 40 sertifikat PTSL tersebut diajukan oleh PT Batam Riau Bertuah (BRB) pada 6 Mei 2020 karena tumpang tindih lahan.

Gugatan atas tanah tersebut pun akhirnya disetujui.

Deputi III Badan Pengusahaan (BP) Batam, Sudirman Saad, menjelaskan, sertifikat tanah yang dimaksud ini sebelumnya merupakan alokasi lahan kepada Koperasi Karyawan (Kopkar) BP Batam, tahun 2016 silam.

"Alokasi ini kami berikan kepada Kopkar BP Batam, dari sana mereka kemudian menggandeng PT BRB sebagai rekanan untuk pembangunan lahan sebagai wilayah perumahan," ujar Sudirman, Kamis (21/10/2021).

Sementara itu, terdapat program Pemerintah Pusat yang mendorong BPN untuk menerbitkan sertifikat tanah untuk masyarakat.

Baca juga: Bank Riau Kepri (BRK) Teken MoU dengan BSI di Jakarta, Ini Isi Kerjasamanya

Baca juga: JADWAL Kapal Ferry di Pelabuhan Sekupang Batam, Hari Ini 16 Kapal, Syarat Sertifikat Vaksin

Program turut didukung oleh BP Batam dengan pemberian rekomendasi terhadap 3.000 bidang lahan yang berbentuk data gelondongan.

Data gelondongan yang dimaksud ialah lahan yang selama ini dianggap tertidur lama dan tidak pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya.

Setelah BP Batam memberikan rekomendasi, proses pemberian sertifikat diurus langsung oleh BPN.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved