Breaking News:

Penanganan Covid-19 di Kota Batam Terbaik, Amsakar Puji Peran TNI-Polri di Lapangan

Status PPKM Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau sudah turun ke level 1. Karena itu, Pemerintah Kota Batam melonggarkan aturan untuk beberapa sektor.

Penulis: Thom Limahekin | Editor: Thom Limahekin
Tribunbatam.id/Istimewa Humas Pemko Batam
AMSAKAR - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyambangi Pulau Kasu, Belakang Padang, Kamis (24/6/2021). 

Editor: Thomm Limahekin

BATAM, TRIBUNBATAM.id Status PPKM Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau sudah turun ke level 1. Karena itu, Pemerintah Kota Batam melonggarkan aturan untuk beberapa sektor.

Namun, kebijakan pemerintah untuk melanggarkan beberapa sektor itu selalu didasarkan pada beberapa pertimbangan tertentu.

"Satunya sektor ekonomi, pendidikan dan lainnya sudah mengalami pelonggaran," ujar Amsakar, Senin (25/10/2021).

Menurut Amsakar, selama PPKM level 1 ini, Pemko Batam misalnya sudah bisa memberlakukan 100 persen Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah dengan prokes yang ketat.

Baca juga: JUMLAH Kasus Aktif Covid-19 di Tanjungpinang Tinggal 4 Orang

PPKM LEVEL 1 - Suasana di Grand Batam Mall setelah Batam dinyatakan PPKM level 1.
PPKM LEVEL 1 - Suasana di Grand Batam Mall setelah Batam dinyatakan PPKM level 1. (TRIBUNBATAM.id/Rebekha Ashari Diana Putri)

Namun, hal tersebut tidak dilakukan di Batam. Sebab, ada kebijakan untuk menetapkan 50 persen PTM dengan prokes ketat untuk meminimalisir kasus baru Covid-19.

"Tak hanya sekolah, begitu juga rumah ibadah. Tetap 50 persen dengan protokol kesehatan yang ketat. Kalau dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, insyaallah angka kasus dapat dikendalikan," kata Amsakar.

Wakil Wali Kota Batam ini menegaskan penanganan Covid-19 di Batam termasuk kategori yang terbaik. Bahkan Pemko Batam akan mendapat apresiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kekompakan segenap stakeholder TNI/Polri itu luar biasa. Ada Nasi Kapau, Serbu Vaksin Segantang Lada, banyak lagi program lainnya," kata Amsakar.

Baca juga: Batam Nihil Kasus Baru Covid-19 Tiga Hari Berturut hingga 7 Kecamatan Zona Hijau

PAKET SEMBAKO - Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyerahkan paket bantuan sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19, Sabtu (23/10/2021)
PAKET SEMBAKO - Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyerahkan paket bantuan sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19, Sabtu (23/10/2021) (tribunbatam.id/Istimewa Humas BP Batam)

Dia menambahkan, program-program kreatif seperti itu justru mempengaruhi banyak orang untuk menyadari bahaya Covid-19 sekaligus mengajak mereka untuk sama-sama melawan virus ini.

Dia juga melanjutkan, untuk pelaksanaan vaksinasi, Kepri termasuk terbaik ketiga se-Indonesia. Namun protokol kesehatan harus dilaksanakan agar tak ada gelombang berikutnya.

Soal vaksinasi, dia mengakui bahwa banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya vaksinasi. Hal tersebut mendorong mereka untuk datang mencari vaksin.

Melihat kondisi ini, Pemko Batam terus berupaya untuk mencari kebijakan terbaik untuk membantu masyarakat dalam menghadapi era baru Covid-19. 

"Sekolah sedang mendesain agar seluruh anak bisa PTM tapi durasinya tak perlu terlalu lama," tegas Wakil Wali Kota Batam. (TRIBUNBATAM.id/Thomas Tonek Thomlimah Limahekin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved