Breaking News:

Universitas Brawijaya Beri Bantuan Mesin Pengolah Cumi, Bagian Doktor Mengabdi di Anambas

Universitas Brawijaya memberikan bantuan mesin pengolahan cumi ke Desa Air Bini. Kegiatan itu bagian dari Doktor Mengabdi di Anambas.

Penulis: Kontributor Anambas | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Junaidi
Pelatihan pengolahan cumi - Masyarakat saat mengikuti dan melihat cara pengolahan nuget dan bakso dari pihak Universitas Brawijaya (Unibraw) di Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan, Kepulauan Anambas, Minggu (7/11/2021) 

Laporan Kontributor TribunBatam.id di Anambas, Junaidi

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Desa Air Bini di Kabupaten Kepulauan Anambas menerima bantuan mesin pengolahan cumi dari Universitas Brawijaya.

Kegiatan berlangsung di kantor Bupati Kepulauan Anambas pada Senin (9/11/2021).

Diketahui, Desa Air Bini merupakan salah satu desa yang penghasilan lautnya adalah cumi dan termasuk desa pengolahan cumi kering yang ada di Anambas.

Melihat potensi itu, Universitas Brawijaya tertarik untuk memberikan bantuan mesin pengolahan cumi kepada pemerintah daerah.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya Dr Ir Muhammad Firdaus berharap dengan adanya mesin itu, dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dalam pengolahan cumi. Sehingga tidak hanya diasinkan dan dikeringkan saja, tetapi bisa dibuat olahan lainnya.

"Dengan adanya mesin ini, masyarakat tidak hanya terfokus pada olahan cumi kering, tapi bisa juga diolah menjadi kerupuk ataupun suatu olahan lainnya," katanya.

Pada akhirnya, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca juga: ANAMBAS Nol Kasus Covid-19, Bupati Abdul Haris Minta Vaksinasi Terus Digencarkan

Baca juga: Wacana Pembentukan Provinsi Natuna Anambas, Mubes Dijadwalkan Desember 2021

Pemberian bantuan ini juga termasuk bagian dari program Doktor Mengabdi, dengan tujuan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat lokal.

“Kita berharap dengan adanya mesin pengolahan cumi ini, ekonomi masyarakat bisa meningkat," harapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved