Breaking News:

CORONA KEPRI

Aturan Terbaru Perjalanan di Kepri, Anak 12 Tahun sudah Diizinkan Bepergian

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerbitkan surat edaran baru terkait aturan perjalanan di dalam Kepri maupun bagi calon penumpang yang mau masuk ke Kepri

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Aturan Terbaru Perjalanan di Kepri, Anak 12 Tahun sudah Diizinkan Bepergian. Foto Pelabuhan Sekupang Batam 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad mengeluarkan Surat Edaran (SE) terbaru Nomor: 631/SET-STC19/XI/2021 yang berkaitan tentang syarat perjalanan.

Surat edaran ini diterbitkan pada 9 November 2021.

Di dalam aturan baru ini, bagi calon penumpang yang masuk ke dalam wilayah Kepri via transportasi laut tidak diwajibkan menyertakan hasil tes PCR atau antigen bila sudah vaksinasi dosis 2.

Namun untuk calon penumpang yang baru vaksinasi dosis pertama, tetap menyertakan hasil negatif tes PCR atau antigen.

Sedangkan syarat perjalanan untuk transportasi udara, bagi penumpang yang sudah vaksinasi dosis 2, tetap menyertakan hasil negatif tes PCR atau antigen. Bila hanya baru menjalani vaksinasi dosis pertama wajib menyertakan hasil negatif tes PCR.

Lalu untuk anak usia di bawah 12 tahun, berdasarkan aturan baru saat ini boleh mengikuti perjalanan. Asalkan bersama orang tuanya dengan menyertakan Kartu Keluarga (KK), serta memenuhi persyaratan covid-19.

Di aturan sebelumnya, anak di bawah 12 tahun masih belum diperkenankan melakukan perjalanan lintas kabupaten/kota di wilayah Kepri atau lintas provinsi.

Baca juga: KONDISI Covid-19 di Kepri: Batam Tersisa 8 Kasus, Natuna dan Lingga Nihil Corona

Baca juga: Hingga 11 November, 87 Persen Warga Batam Sudah Divaksin Covid-19

Sementara itu untuk syarat perjalanan antar Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri secara umum masih sama.

Bagi yang menggunakan mode transportasi laut, tidak diwajibkan menyertakan hasil tes PCR atau antigen bila sudah vaksinasi dosis 2.

Bila calon penumpang masih vaksinasi dosis 1, masih diberlakukan syarat perjalanan menyertakan hasil negatif tes PCR atau antigen.

Untuk syarat perjalanan dengan menggunakan mode transportasi udara, calon penumpang yang sudah melaksanakan vaksinasi dosis 2 tidak perlu melampirkan hasil negatif tes PCR atau Antigen.

"Bagi yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib melengkapi diri dengan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil negatif Rapid Test Antigen," sebut Gubernur dalam SE tersebut .

Setiap calon penumpang tetap diwajibkan mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi dalam rangka pengisian riwayat perjalanan, dan validasi vaksin/sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat perjalanan. (tribunbatam.id/Endra Kaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Corona Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved