Breaking News:

BATAM TERKINI

Bandara Hang Nadim Batam Siapkan 15 Unit TCM Pengganti PCR Sambut Travel Bubble

Belasan unit Tes Cepat Molekuler (TCM) pengganti PCR di Bandara Hang Nadim Batam diklaim hasilnya keluar dalam waktu satu jam.

TribunBatam.id/Ian Sitanggang
Potret Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepri, Jumat (12/11/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pengelola Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman) jika Pemerintah Pusat membuka jalur Internasional.

Salah satu persiapan yang dilakukan pengelola Bandara Hang Nadim Batam untuk menyambut travel bubble adalah dengan menyiapkan 15 unit Alat Tes Cepat Molekuler (TCM) bernama ID NOW sebagai pengganti PCR.

General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono mengatakan jika hal tersebut merupakan hasil kerja sama dengan stakeholder terkait.

Nantinya setiap wisatawan mancanegara (wisman) akan diperiksa melalui ID NOW sebagai pengganti PCR.

Alat tersebut lebih cepat dari PCR, karena hasilnya keluar dalam waktu satu jam.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Mulai Ramai Penumpang, Sopir Taksi Bersyukur Bisa Pulang Bawa Uang

Baca juga: Selain Bandara Soekarno Hatta, Ini Tujuan Penumpang Terbanyak Tinggalkan Batam via Hang Nadim

Dalam simulasi yang sudah dilaksanakan tersusun gambar jelas letak alat tersebut dan PCR serta lokasi laboratorium yang telah disediakan pihak Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

"Kami lihat tidak ada kendala yang cukup berarti. Oleh sebab itu kesimpulan yang kita dapat kita siap untuk menyambut wisatawan International," ucap Bambang, Jumat (12/11/2021).

Selain kesiapan bandara, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan stakeholder yang lain terkait rencana travel bubble ini.

Pengelola Bandara Hang Nadim Batam bahkan telah menggelar simulasi pada Kamis (4/11) bersama stakeholder.

Meski sudah melakukan sejumlah persiapan, Bambang mengaku belum mendapat informasi kapan dibuka kembali jalur perjalanan udara untuk internasional itu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved