Breaking News:

BINTAN TERKINI

4.200 Lansia di Bintan Dapat BLT Rp 300 Ribu Per Bulan, Pemkab Anggarkan Rp 3,7 M

Pemkab Bintan mulai salurkan BLT lansia. Ada 4.200 lansia yang jadi penerimanya. Dalam 3 bulan mereka dapat Rp 900 ribu, per bulan Rp 300 ribu

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/istimewa
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menyerahkan secara simbolis BLT Lansia di Kelurahan Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Senin (15/11/2021) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Pemerintah Kabupaten Bintan mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada lansia di Bintan.

Sejumlah lansia yang menerima bantuan di masa pandemi Covid-19 saat ini pun mengaku sangat terbantu dengan program BLT lansia itu.

"Kami sangat berterima kasih, dan merasa sangat terbantu di masa pandemi saat ini dengan adanya bantuan BLT lansia," ucap sejumlah lansia yang menerima bantuan BLT lansia di Bintan, Senin (15/11/2021).

Sementara itu, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menuturkan, alokasi yang bersumber dari APBD Bintan tersebut akan disalurkan senilai Rp 3.780.000.000 untuk sekitar 4.200 lansia di seluruh Bintan.

"Alhamdulillah, program yang telah menjadi visi misi dan janji saat kampanye kami bersama Pak Apri Sujadi beberapa waktu lalu, saat ini mulai kita serahkan kepada para lansia," ujarnya di Kantor Kelurahan Kijang Kota, Senin (15/11/2021).

Roby juga menuturkan, ke depannya program ini akan terus dievaluasi.

Adapun nilai bantuan yang dikucurkan saat ini sebesar Rp 300 ribu per lansia per bulan. Sehingga terhitung Oktober- November-Desember, para lansia akan menerima bantuan sebesar Rp 900 ribu yang akan dibagikan secara bertahap di setiap kecamatan.

Baca juga: Soal BLT Lansia di Bintan, Apri Sujadi: Nominalnya Disesuaikan dengan Anggaran Daerah

Baca juga: JEMBATAN Batam-Bintan Diprediksi Mulai Dibangun Juni 2022, Sudah 17 Investor Tertarik

"Kelompok lansia merupakan kelompok yang terdampak saat pandemi covid-19 saat ini. Tentu kita harapkan, bantuan ini bermanfaat bagi kaum lansia. Ke depannya program ini akan kita evaluasi terus. Bantuan juga akan disalurkan bertahap di setiap kecamatan," tuturnya.

Kepala Dinas Sosial Bintan, Edi Yusri menuturkan, dari data Dinas Sosial Bintan bahwa ada sekitar 10.000 ribu lansia di Bintan.

Namun karena bantuan yang disalurkan tidak boleh double seperti bantuan PKH, BPNT dan BLT Dana Desa, maka data tersebut diverifikasi dan divalidasi data di lapangan oleh 54 pendamping lansia yang tersebar di 51 Desa/Kelurahan.

"Sehingga ada sekitar 4.200 lansia di seluruh Bintan yang akan dibagikan BLT lansia," ungkapnya.

Edi Yusri menambahkan, lansia yang masuk dalam program ini yakni lansia yang tidak menerima bantuan dana pusat.

"Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa, karena bantuan yang disalurkan tidak boleh double," tutupnya. (*/tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Bintan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved