Breaking News:

BATAM TERKINI

SIAPKAN Surat Kendaraan! Polda Kepri Gelar Operasi Zebra Selama 14 Hari di Batam 

Operasi Zebra Seligi 2021 di wilayah hukum Polda Kepri resmi dimulai, pelaksanaannya akan dilangsungkan selama 14 hari ke depan.

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Pasukan Polda Kepri siap melaksanakan operasi zebra di Batam selama 14 hari hingga 28 November 2021.  

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Operasi Zebra Seligi 2021 di wilayah hukum Polda Kepri resmi dimulai, pelaksanaannya akan dilangsungkan selama 14 hari ke depan.

Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaannya. Untuk itu, bagi pengendara agar dapat melengkapi dokumen surat kendaraan. 

“Terhitung dari 15 November sampai 28 November 2021 operasi zebra akan berlangsung. Ada sebanyak 307 orang personel Polri yang kita terjunkan,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, Selasa (16/11/2021).

Sasaran Operasi Zebra kali ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi dapat sebabkan pelanggaran, macet dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran Covid-19.

Dalam melaksanakan penegakan hukum operasi zebra, kata dia, Polri berkomitmen melakukannya secara persuasif, tarik simpatik masyarakat dengan ramah, empati, simpatik dan sopan dan tentunya menghindari kegiatan Kontra Produktif yang dapat menurunkan Citra Polri. 

Sementara untuk melakukan pemeriksaan  kendaraan bermotor di jalan, pihaknya melibatkan POM TNI karena kehadiran dan keberadaan unsur POM TNI adalah dalam rangka perkuatan unsur pelaksana operasi, sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan. 

Ia membeberkan, jumlah pelanggaran lalu lintas selama Operasi Zebra Seligi 2020 ada sebanyak 2.031 pelanggaran, menurun -64 persen dari tahun 2019 dengan jumlah tilang sebanyak 77 lembar dan teguran sejumlah 1.945.

Teguran didominasi oleh pelanggaran helm SNI, melawan arus dan pengemudi di bawah usia.

Baca juga: Lingga Gelar Recycle Carnival, Pakai Kostum dari Barang Bekas hingga Tampilkan Warisan Budaya

Baca juga: KABAR GEMBIRA! Kini WNI Masuk Singapura Cukup Vaksin dan Tak Perlu Karantina

″Pada pelaksanaan Operasi Zebra Seligi 2021 kali ini, yang menjadi target operasi adalah memutus mata rantai penyebaran Covid serta mencegah terjadinya kerumunan massa, terciptanya Kamseltibcarlantas pada jalur arteri dan tempat wisata, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas,” tuturnya.

Sedangkan sasaran operasi, merupakan segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi Cluster penyebaran covid-19, masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, lokasi yang rawan macet, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta rawan kerumunan. ( TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved