Breaking News:

3 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan dengan Roti Tawar, Berbahaya Bagi Kesehatan

Studi pada tahun 2018 misalnya, menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi roti berkaitan erat dengan naiknya risiko hipertensi.

GRID
Roti tawar kerap dijadikan menu sarapan karena enak dan mengenyangkan. Namun jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan. FOTO: Roti tawar 

TRIBUNBATAM.id - Banyak yang gemar menikmati roti tawar di pagi hari untuk sarapan.

Selain lebih simpel membuatnya, roti tawar juga cukup mengenyangkan.

Roti tawar bisa dikombinasikan dengan berbagai toping seperti mentega, susu, coklat meses, selai, dan lainnya, yang membuat rasanya semakin nikmat.

Tapi tahukah Anda, di balik kepraktisan dan kenikmatan roti tawar ternyata bisa berdampak buruk pada tubuh, apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Bahkan bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius.

Studi pada tahun 2018 misalnya, menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi roti berkaitan erat dengan naiknya risiko hipertensi.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients ini mencangkup 2.011 orang dewasa dengan usia rata-rata 37,1 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa roti putih berkontribusi meningkatkan tensi darah.

Temuan lebih detailnya menunjukkan bahwa makan satu potong roti putih sekali atau lebih dalam seminggu, 1,39 kali lebih besar mengalami tekanan darah.

Baca juga: Air Kelapa Ampuh Mengobati Sakit Demam, Simak Cara Meraciknya

Baca juga: Cara Simpan Jengkol dan Petai agar Tahan Berbulan-bulan, Bisa untuk Stok Jualan

Studi serupa juga dilakukan pada tahun 2014, di mana makan dua porsi atau lebih roti per tiga hari juga berkaitan dengan obesitas.

Bagi yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi roti tawar. Pilihlah jenis roti gandum yang lebih sehat dan kaya serat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved