Breaking News:

BATAM TERKINI

PT TDK Electronics Indonesia Gandeng BP Batam Tanam Pohon di Waduk Duriangkang

Pihak PT TDK Electronics Indonesia sebut, kegiatan tanam pohon ini sudah dimulai sejak 2016 lalu. Fokusnya pada pelestarian reservoir

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Hening Sekar Utami
PT TDK Electronics Gandeng BP Batam Tanam Pohon di Waduk Duriangkang. Foto kegiatan penanaman pohon di daerah tangkapan air Waduk Duriangkang, Sabtu (20/11/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - PT TDK Electronics Indonesia, bekerja sama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam, melakukan kegiatan penanaman pohon dan mangrove di Waduk Duriangkang, Kabil, Nongsa, Batam, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) bertajuk "Tree for Life" PT TDK Electronics Indonesia. Perusahaan pemasok komponen elektronik di Batam ini menggiatkan penanaman 1.020 batang pohon penghijauan dan mangrove.

"Kami sudah menyelenggarakan kegiatan serupa sejak 2016 setiap tahunnya. Fokus kami kepada pelestarian reservoir, karena kita tahu Batam ini sumber air memang sangat terbatas," ujar Umama Turyama, Perwakilan PT TDK Electronics Indonesia Batam.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh komitmen PT TDK Electronics Indonesia untuk melaksanakan ketetapan Komite Global Compact Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Lingkungan dan Pembangunan, Sustainable Development Goal 15 (SDG’s Nomor 15) serta TDK charter.

Di daerah tangkapan air waduk Duriangkang sendiri, para karyawan PT TDK Electronics, BP Batam, serta perusahaan-perusahaan lainnya telah menanam 1.000 pohon yang berguna untuk penyerapan air, dan 20 batang pohon langka seperti Meranti.

Kegiatan ini diikuti juga oleh Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto, dan perwakilan perusahaan-perusahaan lainnya seperti PT McDermott, PT Caterpillar, PT Schneider dan PT Panasonic Indonesia.

"Empat tahun ke belakang kegiatan ini diselenggarakan internal kami saja. Tetapi tahun ini kami berkolaborasi dengan BP Batam dan juga beberapa perusahaan pemenang Anugerah Investasi 2021 kemarin," jelas Umama.

Baca juga: BP Batam Gelar Sosialisasi Kegiatan Penanaman Modal dan Online Single Submission Berbasis Risiko

Baca juga: Hadiri BLU Expo 2021, Wakil Kepala BP Batam Ungkap Kinerja BP Batam Selama Pandemi

Tidak hanya di Waduk Duriangkang saja, penanaman pohon juga rencananya dilakukan di Waduk Tembesi. Sebanyak 1.000 pohon bakau (mangrove) akan ditanam di lokasi Waduk Tembesi pada tanggal 5 Desember 2021 mendatang.

Penanaman pohon untuk penghijauan ini merupakan wujud nyata kontribusi perusahaan terhadap lingkungan yang berkelanjutan yang dilakukan secara rutin tiap tahunnya. Hal ini untuk meningkatkan kondisi Daerah Tangkapan Air (catchment area) dalam rangka meningkatkan ketahanan untuk penyediaan air dengan kuantitas, kualitas dan kontinuitas yang baik.

Peserta yang mengikuti kegiatan penanaman pohon ini terdiri dari 120 peserta, dengan melibatkan karyawan PT TDK Electronics Indonesia, Vendor dan Mahasiswa dan Siswa Binaan PT TDK Electronics Indonesia serta Komunitas Bye-Bye Plastic Bags Batam. Turut hadir pula Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved