Breaking News:

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Kunjungi Papua, Ini Katanya Soal KKB

Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, kunjungannya ke Papua memang sudah jadi niatnya semenjak dilantik jadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Editor: Dewi Haryati
Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Kunjungi Papua, Ini Katanya Soal KKB. Foto Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

JAYAPURA, TRUBUNBATAM.id - Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Papua, Selasa (23/11/2021), tak lama setelah dilantik beberapa hari lalu.

Jenderal Dudung dan rombongan mendatangi Markas Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Provinsi Papua pada Selasa sore sekira pukul 15/14 WIT.

Dilansir dari Tribun-Papua.com, Dudung mengatakan, kunjungannya ke Papua memang sudah menjadi niatnya semenjak dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat.

"Ini menjadi niat saya ketika dilantik sebagai Kepala staf TNI Angkatan Darat. Kunjungan pertama saya untuk melihat daerah operasi," kata Dudung kepada awak media, di Kodam Cenderawasih Selasa (23/11/2021) sore.

Dia mengatakan, kunjungan ke Papua menjadi prioritas utama untuk melihat daerah operasi.

"Saya kunjungan ke sini untuk melihat anak-anak saya yang melaksanakan tugas di sini, sehingga saya tahu bagaimana kesulitan-kesulitan mereka di lapangan," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dirinya tidak ingin melihat para prajuritnya melaksanakan tugas sendiri.

Baca juga: Tidak Ada Kaitan Dengan KKB Papua, 2 Orang Kembali Dipulangkan Polisi di Papua

Baca juga: Letjen Dudung Abdurachman Jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa, Dilantik Jokowi Hari Ini

Oleh karena itu, harus datang langsung dan melihat sarana dan prasarana prajurit juga harus memadai.

"Tadi saya sudah sampaikan kepada pasukan yang akan melaksanakan tugas bahwa tugas di Papua bukan untuk melaksanakan operasi perang. Namun untuk membantu Polri dan pemerintah guna memberikan pemahaman kepada Kelompok Separatis Teroris (KST) ," tambah dia.

KSAD: KKB Harus Dirangkul

Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam kunjungannya ke Kabupaten Mimika, Papua berpesan agar TNI tak berperang dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut.

“Tujuan saya sebenarnya untuk melihat kesulitan prajurit saat melakukan tugas operasi ke Papua,” kata Jenderal Dudung, Selasa (23/11/2021).

“Tapi saya juga berpesan agar TNI harus merangkul KKB, bukan diajak berperang,” sambungnya.

Ia mengatakan, KKB adalah saudara yang harus hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya.

“Keberhasilan dalam tugas bukan diukur dengan dapat senjata namun bagaimana saudara kita bisa sadar dan kembali kepangkuan NKRI. Jangan sedikitpun berpikir untuk membunuh,” tegasnya.

Jenderal Dudung juga meminta setiap prajurit yang bertugas untuk senantiasa menanamkan di hati bahwa bertugas di Papua adalah demi bangsa dan negara, dan demi menjaga serta melindungi masyarakat Papua.

"Bila kalian (prajurit) selesai tugas dan ada masyarakat menangisi kalian karena masih ingin kalian tugas dan tinggal bersama-sama dengan mereka, berarti kalian sudah berhasil merebut hati dan simpatinya," ujarnya.. (Tribun- Papua.com)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Papua Jadi Pilihan Kunjungan Pertama KSAD Jenderal Dudung Abdurachman: Melihat Daerah Operasi,

dan judul KSAD Jenderal Dudung: KKB Harus Dirangkul, Bukan Diajak Berperang

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved