Breaking News:

Bawaslu Tanjungpinang Gandeng OKP Sukseskan Pemilu 2024

Bawaslu Tanjungpinang silaturahmi ke berbagai OKP di Tanjungpinang di antaranya Gerakan Pemuda Ansor NU. Itu untuk sharing diskusi jelang pemilu 2024

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bawaslu Tanjungpinang Gandeng OKP Sukseskan Pemilu 2024. Foto kunjungan Bawaslu Tanjungpinang ke sejumlah OKP di Ibu Kota Provinsi Kepri 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang melakukan kunjungan silaturahmi dan koordinasi kerja sama ke berbagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhamad Zaini menjelaskan, kunjungan itu sebagai media menyatukan hati, pemikiran dan potensi kepemudaan dalam membangun kebersamaan dan persatuan dalam mengawal pesta demokrasi ke depan.

Khususnya dalam menyambut Pemilu 2024 mendatang.

"Alhamdulillah sowan silaturahim kami disambut hangat dalam suasana kekeluargaan. Sharing diskusi terjalin penuh dinamis, terbangun kesepahaman untuk bergandengan tangan bangun pengawasan partisipatif," kata Zaini, Kamis (25/11/2022).

Zaini melanjutkan, di antara OKP Tanjungpinang yang telah dikunjungi sejak 15 November lalu, yaitu KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), Gerakan Pemuda Ansor NU (Nahdhatul Ulama), Pemuda Muhammadiyah, Karang Taruna, Pemuda Pancasila, PERPAT (Persaudaraan Pemuda Tempatan), GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia).

Sementara itu, Anggota Bawaslu Tanjungpinang, Maryamah menuturkan, konsep pengawasan partisipatif, yakni keberhasilan pesta demokrasi ada karena peran semua pihak, selain Bawaslu dan KPU.

Oleh karena itu, selain meningkatnya partisipasi pemilihan, maka juga perlu meningkatkan pastipasi pemilih dalam pengawasan.

Baca juga: Baru Sehari Nol Kasus Covid-19, Tanjungpinang Kembali Miliki Pasien Positif Covid-19

Baca juga: 10 ABK Asal Vietnam yang Ditangkap di Natuna Dipindahkan ke Rudenim Tanjungpinang

Sebagai upaya pengembangan pengawasan partisipatif, di antaranya dapat membentuk forum diskusi, sosialisasi edukasi, forum warga, webinar secara berkala.

"Serta pemanfaatan Pojok Pengawasan Bawaslu atau pengembangan seperti program SKPP (Sekolah Kader Pengawas Partisipatif), yang telah melahirkan KPP (Komunitas Pengawas Partisipatif), lalu bermuara sebagai pendidikan politik guna menciptakan pemilih yang cerdas," ujarnya.

Ia menambahkan, tindaklanjut dari kunjungan silaturahmi koordinasi, dalam pekan ini Bawaslu Tanjungpinang akan mengundang semua OKP dalam satu forum bersama untuk sharing, merajut kebersamaan dan persatuan dalam menyukseskan Pemilu dan Pemilihan serentak.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved