Breaking News:

DEMO BURUH DI BATAM

BURUH Batam Bakal Demo 4 Hari, Suprapto: Buruh Belum Pernah Sekalipun Bertemu Gubernur

Buruh di Batam berencana menggelar aksi demo selama 4 hari hingga bertemu Gubernur Kepri. Mereka mengaku belum pernah sekalipun ketemu Gubernur.

TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami
Ratusan buruh memadati jalan depan Gedung Graha Kepri, Batam Center, Batam, Kamis (25/11/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Para buruh bersikukuh meminta agar Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2022 mengalami kenaikan berkisar 7 sampai 10 persen.

Dalam aksi demo siang ini, Kamis (25/11/2021), buruh yang tergabung dalam FSPMI dan Aliansi Buruh se-Batam menolak dengan tegas wacana kenaikan UMK hanya sebesar 0,85 persen, atau sekitar Rp 35.000.

"Banyak pertimbangan kami, mulai dari harga bensin yang sekarang tidak ada lagi premium, dan juga bahan pokok," ujar Panglima Garda Metal Kota Batam, Suprapto ketika diwawancarai.

Pihaknya menyatakan penolakan terhadap mekanisme perhitungan upah menurut PP Nomor 36 Tahun 2021, karena dirasa tidak membuahkan hasil yang dapat memenuhi kebutuhan buruh.

Menurutnya, daya beli masyarakat dan kaum buruh saat ini sangat menurun, di tengah kondisi pandemi, sehingga kenaikan upah secara signifikan dapat menjadi keringanan bagi beban para buruh.

"Kalau dirupiahkan, naik tujuh persen itu UMK bisa mencapai Rp 4.400.000, saya kira itu cukup untuk memenuhi kebutuhan kami, buruh," tambah Suprapto.

Maka, hari ini pihaknya kembali menggelar aksi demonstrasi.

Baca juga: PROTES Angka Kenaikan UMK Batam 2022, Buruh: Naik Rp 35.000 Itu Seperti Penghinaan!

Rencananya demo ini akan berlangsung selama 4 hari, namun keputusan tersebut akan mempertimbangkan evaluasi hasil demonstrasi pada hari ini.

"Kami akan gelar demo selama 4 hari berturut-turut, sampai kami bisa ketemu Gubernur. Sampai saat ini kaum buruh tidak pernah sekali pun bertemu dengan Gubernur," ujar Suprapto. 

Diberitakan sebelumnya, gabungan serikat pekerja Batam kembali melakukan ujuk rasa di depan pintu masuk Graha Kepri Kamis, (25/11/2021)

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved