Breaking News:

CORONA KEPRI

DAFTAR 8 Negara Dilarang Masuk Kepri Terkait Munculnya Covid-19 Varian Omicron

Pemerintah merilis daftar 8 negara yang warganya dilarang masuk Indonesia termasuk Kepri untuk sementara waktu. Ini dia daftar nama negaranya.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri, Ramelan Suprihadi 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Direktorat Jendral Keimigrasian Indonesia mengeluarkan Surat edaran (SE) baru nomor IMI-0269.GR.01.01 tahun 2021.

Dalam surat tersebut berisi tentang pembatasan sementara orang asing yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi wilayah beberapa negara tertentu untuk masuk wilayah Indonesia dalam rangka pencegahan penyebaran varian baru Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron.

Surat yang ditandatangani Plt. Direktur Jendral Imigrasi, Widodo Ekat Jahjana diterbitkan pada 27 November 2021.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri, Ramelan Suprihadi saat dikonfirmasi membenarkan hal itu.

"Iya benar, dan sudah kita teruskan kepada jajaran," ucapnya membenarkan, Senin (29/11/2021).

Ia menjelaskan, bahwa surat tersebut berisi penolakan masuk sementara ke wilayah Indonesia bagi orang asing yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi ke sejumlah negara saja.

"Pertama di wilayah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari sebelum masuk wilayah Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Dihantam Pandemi, Banyak TK/PAUD di Tanjungpinang Gulung Tikar, Guru Pilih Jualan Online

Baca juga: BEGINI Cara Imigrasi Kelas II Tarempa Cegah Masuknya Covid-19 Varian Omicron

Selain itu, juga dilakukan penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria.

Namun, ada ketentuan dikecualikan terhadap orang asing yang akan mengikuti pertemuan terkait Presidensi Indonesia dalam G20.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri menyebutkan, telah memberikan arahan kepada jajaran imigrasi di seluruh Kabupaten/Kota di Kepri untuk menjalankan perintah tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved