Breaking News:

BATAM TERKINI

Warga Protes, Jalanan Menuju Ocarina Berpasir Akibat Ulah Truk Pengangkut Tanah

Masyarakat mengeluhkan kondisi jalan dari dan menuju Ocarina, Batam Kepulauan Riau yang diselimuti pasir dan tanah. Ini Kata Kadishub Batam.

tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi
Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim, mengatakan pihaknya sudah pernah menegur pengawas dan pekerja pengangkut tanah yang kerap ngebut dan membuat jalan berpasir. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Masyarakat mengeluhkan kondisi jalan dari dan menuju Ocarina, Batam Kepulauan Riau yang diselimuti pasir dan tanah.

Tanah dan pasir itu berasal dari truk-truk pengangkut tanah yang seringkali melintas dengan kecepatan tinggi dan tanpa memasang pelindung bak sehingga mengakibatkan kondisi jalan kerap diselimuti pasir.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim, mengatakan pihaknya sudah pernah turun langsung ke lokasi dan menegur pengawas dan pekerja terkait yang menjalankan kegiatan pengangkutan tanah tersebut.

"Kami sudah pernah turun, terakhir sekitar tiga minggu lalu berkoordinasi dengan Lantas," ujar Salim, Selasa (30/11/2021).

Namun, dirinya mengakui kewenangan Dishub terbatas untuk melakukan tindakan pemberhentian atau penyetopan aktivitas.

Penindakan yang dilakukan Dishub berupa memberikan teguran dan imbauan kepada para pengemudi dan pengawas lapangan.

Salim meminta pengemudi truk pengangkut tanah, dalam menjalankan pekerjaannya, untuk berhati-hati, tidak mengebut, menjaga keselamatan, serta membantu membersihkan jalan yang dilewati dari pasir.

Baca juga: Daftarkan Kendaraan Anda! Mulai Besok, Pelabuhan Batu Ampar Terapkan Auto Gate System

Baca juga: CATAT! ASN Pemko Batam Dilarang Mudik Mulai 15 Desember hingga 10 Januari 2022

"Yang jelas kami imbau untuk memperhatikan kebersihan jalan dan keselamatan yang lain," jelas Salim.

Ia menambahkan, terkait kendaraan Drumtruk yang muatan baknya melebihi kapasitas dan tidak sesuai dengan jumlah berat yang diperbolehkan, tergolong dalam kendaran Over Dimensi dan Over Load (ODOL).

Sesuai dengan aturan yang berlaku, kendaraan tersebut tidak akan lolos Uji KIR Kendaraan. Dalam hal ini Dishub Batam mengacu pada Surat Dirjen Perhubungan Darat Nomor AJ.502/12/16/DRJD/2020.

Namun, Salim menjelaskan, penindakan terhadap kendaraan itu merupakan wewenang Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved