Breaking News:

Pemprov Kepri Resmi Salurkan Program Bantuan Modal UMKM Dengan Bunga 0 Persen

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyerahkan akad kredit pinjaman modal ke masyarakat di Kantor Bank Riau Kepri cabang Tanjungpinang, Rabu (8/12/2021).

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad  mensimulasikan akad kredit pinjaman di Kantor Bank Riau Kepri cabang Tanjungpinang, Rabu, (8/12/2021). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id  - Program bantuan modal untuk Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) dengan bunga 0 persen yang diinisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) bekerjasama dengan PT Bank Riau Kepri mulai disalurkan ke masyarakat.

Bantuan ini menjadi angin segar bagi pelaku usaha kecil dan menengah dalam masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Kepri selama dua tahun belakangan. 

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menandai disalurkannya program tersebut dengan menyerahkan akad kredit pinjaman modal ke masyarakat di Kantor Bank Riau Kepri cabang Tanjungpinang, Rabu (8/12/2021). 

Gubernur yang mensimulasikan akad kredit pinjaman tersebut menjelaskan, bantuan yang diberikan Pemprov Kepri berbentuk subsidi bunga 0 persen dari pinjaman modal.

Dalam antrian, masyarakat yang mengajukan pinjaman modal UMKM ke Bank Riau Kepri hanya perlu mengembalikan pinjaman pokok semata. Sementara bunga dari pinjaman modal tersebut akan ditanggung seluruhnya oleh Pemprov Kepri

"Masyarakat yang mempunyai UMKM jika memanfaatkan program ini tidak perlu memikirkan lagi bunganya. Bunganya sudah kita tanggung, jadi ini adalah pinjaman modal tanpa bunga," ujar Gubernur.

Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Terima Penghargaan dari SKK Migas Sumbagut 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah menganggarkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk bantuan subsidi bunga modal UMKM.

Diperkirakan akan ada 1.000 UMKM yang bisa merasakan manfaat dari program tersebut.

Ke depannya, apabila program ini berhasil maka Gubernur berjanji untuk meningkatkan besaran anggaran sehingga lebih banyak lagi UMKM di Kepri yang bisa merasakan subsidi bunga modal. 

Dengan adanya bantuan subsidi bunga modal ini, Gubernur memperkirakan sektor UMKM di Kepri dapat menggeliat kembali sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved