Breaking News:

LIGA INDONESIA

BRI Liga 1 - Babak Baru Kasus 'Curhat' Goncalves yang Bikin Presiden Brasil Angkat Bicara

Kasus ini sempat trending di sosial media setelah orang nomor satu di Brasil, Jair Messias Bolsonaro, turut berkomentar

Penulis: Aminudin | Editor: Agus Tri Harsanto
Capture LOgo PSSI
Komdis PSSI memberikan sanksi kepada tim, pemain, hingga offisial peserta Liga karena dinilai melanggar aturan 

TRIBUNBATAM.id - Persoalan gaji antara pemain asing asal Brasil, Alex Dos Santos Goncalves dan klub Tira Persikabo masih terus bergulir.

Kasus ini sempat trending di sosial media setelah orang nomor satu di Brasil, Jair Messias Bolsonaro, turut berkomentar.

Babak baru dari masalah ini, PSSI melalui Sekjen PSSI Yunus Nusi menyampaikan, PSSI dan Tira persikabo menghormati keputusan Dispute Resolution Chamber (DRC) alias badan penyelesaian sengketa FIFA terkait kasus pemain asal Brasil Alex dos Santos Goncalves.

Namun, PSSI juga meminta agar FIFA, FIFPro, pemerintah Brasil, dan Asosiasi Pesepakbola Profesional (APPI) juga menghormati hukum positif yang berada di negara berdaulat Republik Indonesia.

Seperti diketahui Tira Persikabo melaporkan Alex ke Kepolisian terkait pencemaran nama baik dan atau fitnah melalui media elektronik sebagaimana dimaksud dalam pasal 310 KUHP dan pasal 311 KUHP dan atau pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan korban Bimo Del Piero Wirjasoekarta.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Persik vs Persib Kediri di Liga 1 , Javier : Ini Kesalahan Saya!

‘’Saya mengerti dan memahami persoalan ini. Alangkah indahnya jika semua duduk sama-sama untuk menyelesaikan masalah ini,"ucap Yunus dilansir dari laman resmi PSSI.

"PSSI segera mengundang pihak-pihak terkait dalam forum mediasi agar jangan sampai ini kemudian menjadi false information dan nama PSSI serta Indonesia menjadi jelek di mata FIFA dan dunia,"lanjutnya.

Berawal Dari Pemotongan Gaji

Seperti diketahui, permasalahan antara Alex Dos Santos Goncalves dan Tira Persikabo berawal dari permasalahan hukum antara Alex dan Tira Persikabo yang bermula dari pemotongan gaji sebesar 75 persen yang dilakukan oleh Klub di saat awal pandemi Covid-19 2020.

Keputusan Tira Persikabo tersebut sebenarnya sesuai dengan surat edaran PSSI terkait penyesuaikan gaji di masa pandemi covid-19, agar klub dapat survive di saat pandemi dan pemain masih tetap mendapatkan pemasukan yang wajar untuk menjaga kelangsungan hidup pribadi dan keluarganya.

Pihak klub menegaskan, Alex sudah menerima uang muka dan juga gaji dua bulan pertama sebanyak 100 persen.

Bahkan, September 2020, Bimo mengaku telah memenuhi permintaan Alex untuk pembayaran gaji 40 persen.

Namun, Alex mengklaim tidak diberitahu dan tak menyetujui kebijakan klub.

Bagi Alex, manajemen telah bertindak secara sepihak.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved