Breaking News:

Kepsek di Batam Ini Curhat ke Nuryanto, Ruang Belajar Kurang hingga Atap Kelas Bocor

Kepsek SDN 002 Batuampar Zainudin curhat ke Ketua DPRD Batam Nuryanto soal keterbatasan ruang kelas di sekolahnya hingga kondisinya tak layak

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id Istimewa Humas DPRD Batam
Kepsek di Batam Ini Curhat ke Nuryanto, Ruang Belajar Kurang hingga Atap Kelas Bocor. Foto kunjungan Ketua DPRD Batam, Nuryanto ke SDN 002 Batuampar, Selasa (14/12/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Ketersediaan ruang kelas di Batam belum seluruhnya mencukupi untuk menampung peserta didik yang jumlahnya semakin bertambah. Salah satunya di SDN 002 Batuampar, Batam.

Kepala Sekolah SDN 002 Batuampar, Zainudin menjelaskan, kebutuhan ruang kelas baru (RKB) di sekolahnya sangat mendesak. Saat ini siswa di SDN 002 Batuampar mencapai 1100 orang, namun sekolah ini hanya memiliki 13 ruang kelas.

Kondisi ruang kelas itu pun tidak seluruhnya memadai. Ada beberapa ruang kelas yang atapnya bocor, sehingga sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar kala hujan. Terkadang, kegiatan belajar mengajar terpaksa dihentikan jika ruang kelas tidak memadai.

"Beberapa kelas atapnya bocor, plafonnya juga pada lepas. Kami sering mengecek kayu-kayu plafon, takut jatuh sendiri karena lapuk kena air," jelas Zainudin.

Ia menambahkan, sekolahnya setidaknya membutuhkan enam RKB tambahan. Ia berharap Pemerintah Kota Batam dapat memberikan bantuan. Demi menyiasati keadaan saat ini, proses belajar mengajar terpaksa harus dibagi-bagi per shift.

"Saat ini sekolah dibagi tiga shift, karena pandemi dari 29 rombel jadi 58 rombel. Jadi satu shiftnya paling lama satu jam belajar," ujar Zainudin.

Keluhan itu ia sampaikan ketika SDN 002 Batuampar menerima kunjungan Kepala DPRD Batam, Nuryanto, pada Selasa (14/12/2021). Kedatangan Nuryanto turut didampingi oleh Anggota Komisi IV DPRD Batam, Yunus Muda.

Baca juga: Tribun Batam Podcast: Vaksinasi Covid-19 dan Efeknya Bagi Anak

Baca juga: Ruslan Ali Wasyim Wafat, Aspawi Ungkap Calon Pengisi Kursi Wakil Ketua II DPRD Batam

Atas kedatangan para anggota dewan ini, Zainudin berharap aspirasi mereka dapat disampaikan kepada pemerintah daerah. Hal ini mendorong penambahan RKB di SDN 002 Batuampar segera terealisasi.

Sementara itu, Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari reses yang dilakukan beberapa waktu lalu. Setelah mendengar dan melihat secara langsung, Nuryanto menilai SDN 002 Batuampar memang butuh perhatian penuh.

Namun Nuryanto sangat mengapresiasi pihak sekolah. Sebab di tengah keterbatasan tersebut SDN 002 Batuampar mampu menorehkan prestasi, menjadi salah satu sekolah penggerak dan satu-satunya di wilayah Batuampar.

Sehingga ia meminta Pemko Batam, melalui Dinas Pendidikan agar memperhatikan sekolah ini.

"Guru, anak didik memiliki prestasi yang luar biasa, tapi di sisi yang lain ternyata sarana dan prasarananya sangat kurang. Sehingga kehadiran kita ini ingin memastikan kondisi tersebut dan ke depannya kita akan mendorong bisa diperbaiki," kata Nuryanto.

Dalam waktu dekat, pihaknya melalui Komisi IV DPRD Batam akan menindaklanjuti hasil silaturahmi tersebut dengan Dinas Pendidikan Kota Batam. Tak hanya masalah permintaan RKB, tapi juga masalah-masalah lainnya di dunia pendidikan.

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved