Breaking News:

WAKIL KETUA DPRD BATAM MENINGGAL

Ruslan Ali Wasyim Wafat, Aspawi Ungkap Calon Pengisi Kursi Wakil Ketua II DPRD Batam

Sekretaris DPRD Batam Aspawi sebut dari Golkar mengusulkan nama Yunus Muda untuk mengisi kursi Wakil Ketua II DPRD Batam pasca Ruslan Ali Wasyim wafat

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Ichwan Nur Fadillah
Ruslan Ali Wasyim Wafat, Aspawi Ungkap Calon Pengisi Kursi Wakil Ketua II DPRD Batam. Foto Wakil Ketua II DPRD Batam Ruslan Ali Wasyim semasa hidup 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sekretaris DPRD Kota Batam, Aspawi, membenarkan pihaknya telah mengirimkan surat resmi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam tentang penetapan Pergantian Antar Waktu (PAW) bagi mantan Wakil Ketua II DPRD Batam, Ruslan Ali Wasyim.

Surat itu dikirim pagi ini, Senin (13/12/2021), memuat nama sosok baru yang akan menjadi PAW Ruslan Ali Wasyim. Penggantinya juga berasal dari Partai Golongan Karya ( Golkar).

Dalam surat itu tercantum nama Rahmad sebagai PAW Ruslan Ali Wasyim yang meninggal dunia pada 19 Oktober 2021 lalu.

"Rahmad adalah peraih suara terbanyak kedua setelah almarhum Ruslan Ali Wasyim," jelas Aspawi.

Sementara itu, Aspawi mengungkapkan, untuk mengisi kursi Wakil Ketua II DPRD Batam, Partai Golkar telah mengusulkan nama Ketua DPD II Partai Golkar Batam yang juga anggota DPRD Batam, Yunus Muda.

"Nantinya setelah Pleno KPU dan ada balasan surat, kami akan bersurat kepada Gubernur Kepri melalui Wali Kota Batam," tambah Aspawi.

Diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam telah menerima surat DPRD Batam terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota Fraksi Golkar, Ruslan Ali Wasyim yang meninggal dunia.

Ruslan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Batam ini menghembuskan napas terakhir karena serangan jantung di RSBP Batam, Selasa (19/10).

Baca juga: Profil Ruslan Ali Wasyim, Hobi Main Sepak Bola hingga Jadi Wakil Ketua DPRD Batam

Baca juga: DPRD Batam Ungkap Alasan Belum Tetapkan PAW Gantikan Ruslan Ali Wasyim 

Pria yang hobi bermain sepak bola ini dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sambau, Kecamatan Nongsa.

"Sudah kami terima pagi tadi. Diterima komisioner divisi Proda," ujar Ketua KPU Kota Batam Martius, Senin (13/12/2021).

Sesuai mekanisme, KPU Batam baru akan memproses PAW anggota DPRD Batam jika sudah mendapatkan surat resmi dari pimpinan DPRD Batam.

Selanjutnya KPU Kota Batam bakal memverifikasi calon pengganti dewan tersebut.

Aturan mengenai Pergantian Antar Waktu ini tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2017.

Ini mengatur tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Prwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved