Breaking News:

CORONA KEPRI

Ansar Targetkan 100 Persen Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dosis I Akhir Januari 2022

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ditargetkan capai 100 persen pada akhir Januari 2022 untuk dosis I

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Ansar Targetkan 100 Persen Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dosis I Akhir Januari 2022. Foto Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menginginkan waktu penyelesaian vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun untuk dosis I secepatnya dilakukan.

Sasaran capaian target yang diinginkan yakni 100 persen hingga akhir Januari 2022.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Menko Perekonomian, karena beliau penanggung jawab wilayah Pulau Sumatera di luar Pulau Jawa. Meminta supaya kita memberikan perhatian sungguh-sungguh untuk pencapaian vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun ini," ujar Ansar, Sabtu (25/12/2021).

Ia memaparkan gambaran vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun di masing-masing Kabupaten/Kota sejak Pemerintah Provinsi Kepri meluncurkan (launching) vaksinasi anak secara serentak, untuk seluruh Kepri pada Jumat (17/12/2021) di Kota Batam.

"Nanti dapat kita lihat, mana Kabupaten/Kota yang mencapai target harian yang sudah kita tetapkan, dan mana Kabupaten/Kota yang tidak mencapai target harian yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Ansar menjelaskan hampir semua Kabupaten/Kota pada vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun belum mencapai target harian sampai Kamis (23/12/2021). Menurutnya angka ini harus dikejar agar terpenuhi target capaian harian yang sudah ditentukan.

"Kita apresiasi Kabupaten Karimun yang telah memenuhi terget harian bahkan surplus hariannya. Tolong nanti Pemkab Karimun sampaikan kisi-kisi yang dilaksanakannya dalam penanganan capaian vaksinasi anak usia 6 -11 tahun, supaya semua Kabupaten/Kota lain bisa ikut serta," jelas Ansar.

Di samping itu, Ansar menekankan Kabupaten/Kota untuk terus melanjutkan vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun dimasa liburan sekolah. Dimana Dinas Kesehatan agar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk mengarahkan vaksinasi bisa dilanjut di Puskesmas atau konter pusat vaksinasi yang sudah ditentukan.

Baca juga: VAKSINASI Anak Usia 6-11 Tahun di Karimun, Aunur Rafiq Targetkan Sampai PAUD

Baca juga: Walikota Kunjungi Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sekolah Maitreyawira

"Saya minta kepada teman-teman di Pemkab dan Pemko agar bekerja sama untuk terus melanjutkan vaksinasinya. Jangan tunggu waktu masuk sekolah baru mau mulai lagi vaksinasi ini, membuat keterlambatan capaian kita," perintah Gubernur.

Tidak itu saja, Ansar juga meminta ke Kabupaten/Kota terkait dengan capaian vaksinasi anak usia 12 - 17 tahun, vaksinasi 18 tahun ke atas dan vaksinasi lanjut usia agar bisa dikejar lagi capai target dosis II yang di bawah 20 persen. Supaya ke depan tidak terjadi kendala lagi dalam capaian target harian vaksinasi di Kepri.

"Capaian dosis II Kabupaten/Kota masih besar selisih dengan dosis I ini juga menjadi perhatian kita bersama, karena untuk melanjut dosis III nanti akan jadi penilaian Pusat dari kesungguhan kita dalam penanganan vaksinasi Covid-19 ini," pinta Ansar.

Terakhir, Gubernur Kepri itu mengajak semua elemen agar mengejar kegiatan vaksinasi ini untuk diselesaikan, guna tidak ada lagi undangan-undangan untuk zoom meeting karena dipantau terus oleh Pemerintah Pusat.

"Minggu depan saya akan rapat evaluasi lagi, tolong ini dilakukan. Karena saya juga berkewajiban melaporkan ini ke Kemenko Perekonomian dan Kementerian Kesehatan," tutup Ansar.

(*/Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved