Breaking News:

BANJIR DI BATAM

Dampak Banjir Batam Akhir Tahun, Perabotan Warga hingga Sarana Perumahan Rusak Parah

Pantauan di lapangan, sejumlah warga Tiban III Batam yang terdampak banjir di malam akhir tahun, menjemur perabotan rumahnya

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Hening Sekar Utami
Warga Tiban III Sekupang Batam, menjemur perabotan rumah yang terendam banjir di malam akhir tahun, Sabtu (1/1/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Banjir di sekitar wilayah Tiban III Sekupang di Batam telah surut. Jalanan pun mulai mengering, pada Sabtu (1/1/2021).

Namun dampak banjir masih dirasakan oleh warga sekitar.

Menjelang siang hari, warga Perumahan Tiban III pun mulai mengeluarkan perabotannya yang sempat terendam air.

Sejumlah karpet, kasur, kursi, meja hingga kulkas tampak dijemur berjajar di sepanjang blok perumahan tersebut, menunggu kering.

Beberapa di antara warga bahkan ada yang tampak tengah membongkar onderdil kendaraannya seperti motor dan mobil. Lantaran banjir setinggi hampir 1 meter itu turut menggenangi mesin kendaraan.

"Banjirnya baru mulai sekitar 3 sore, waktu itu masih setinggi mata kaki. Kemudian mulai naik, naik, sampai sepinggang," ungkap Ikra, salah seorang penghuni kos-kosan di Tiban III.

Dengan kondisi banjir yang tinggi itu, tidak banyak yang dapat dilakukan warga. Kala itu warga hanya berusaha menjaga agar barang-barang pentingnya selamat di tempat yang tinggi, jauh dari air.

"Sandal dan sepatu saya sampai terseret semua, hilang. Kasur, meja, kursi pun basah. Di sini sampai ada mobil yang mogok," ujar Ikra.

Baca juga: Banjir Sebabkan Jalan Letjend Suprapto Batam Macet Panjang, Banyak Motor Mogok!

Baca juga: Batam Banjir Malam Pergantian Tahun Jadi Kelabu, Kendaraan hingga Rumah Warga Terendam Air

Seiring dengan meredanya hujan, menjelang dini hari, air banjir pun baru mulai surut sekitar pukul 11 malam. Sampai pagi ini, kondisi jalan di Perumahan Tiban III sudah mulai kering.

Ikra menjelaskan, air banjir tersebut datang dari saluran air yang berlokasi persis di depan rumah warga. Ketika hujan deras terjadi, saluran air pun meluap dan airnya mem banjiri sekitar perumahan tersebut.

Meluapnya saluran air yang memanjang sampai ke areal pertokoan, juga mengakibatkan jalan raya di dekat SPBU Lama Sekupang terendam banjir. Air banjir tersebut bahkan mencapai lokasi SPBU, sehingga menghambat kegiatan operasional.

Tidak hanya itu, salah satu sarana perumahan, yaitu pagar bata yang membatasi selokan dengan rumah warga juga hancur seluruhnya akibat diterjang banjir yang mengalir deras.

"Banjirnya sampai ke pom bensin dekat jalan sana, sekarang pom bensinnya masih tutup," tambah Ikra.

Banjir di Malam Akhir Tahun

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved