Breaking News:

Kecelakaan di Laut Masih Dominan, Basarnas Natuna Selamatkan 113 Orang Tahun 2021

KPP Basarnas Natuna menangani 18 kasus kecelakaan sepanjang 2021 dengan korban selamat 113 orang. Dari jumlah itu, kecelakaan laut mendominasi

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, Mexianus Bekabel dan tim 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Sepanjang tahun 2021, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna berhasil menyelamatkan 113 orang korban.

Korban selamat berasal dari 18 kecelakaan yang selesai ditangani KPP Natuna.

"18 kecelakaan itu merupakan kejadian kecelakaan kapal, kejadian kondisi membahayakan manusia, dan kejadian bencana alam," kata Kepala KPP Basarnas Natuna Mexianus Bekabel di Kantor KPP Natuna, Jalan H Adam Malik, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Rabu (5/1/2022).

Mexianus menjelaskan untuk kejadian kecelakaan kapal terdapat 11 kejadian yang ditangani pihaknya, dengan total 56 orang korban berhasil terselamatkan, 1 orang dinyatakan hilang, dan nihil korban meninggal dunia.

"Kejadian kondisi membahayakan manusia terdapat 6 kali kejadian, dengan total 7 orang korban, 1 orang di antaranya meninggal dunia, dan nihil korban hilang," ucapnya.

Mexianus juga memaparkan, untuk kejadian bencana alam, KPP Basarnas Natuna telah menangani sedikitnya 1 kali kejadian, dengan 50 orang korban selamat, nihil meninggal dunia, dan nihil korban hilang.

Dengan capaian tersebut, Mexianus besyukur sepanjang tahun 2021 kejadian kecelakaan yang ditangani KPP Basarnas Natuna mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

"Pada tahun 2020 terdapat 28 kejadian kecelakaan," ucapnya.

Baca juga: 5 Tahun Mangkrak, Pembangunan Gedung DPRD Natuna Akan Dilanjutkan Tahun 2022

Baca juga: DAFTAR Nama 26 Pejabat yang Dilantik Bupati Natuna, Rabu 5 Januari 2022

Faktor wilayah kerja yang didominasi laut serta geografis Natuna yang terdiri dari wilayah kepulauan, menjadikan kecelakaan laut mendominasi pada tahun 2021.

"Natuna wilayah kepulauan sehingga banyak masyarakat yang menggunakan transportasi laut," paparnya.

Terakhir, Mexianus mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada bagi nelayan maupun pengguna jasa transportasi laut, terutama saat musim utara terjadi. (Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved