Breaking News:

Gubernur Pastikan Kepri Siap Gelar Vaksin Booster Covid-19 Bagi Masyarakat

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyatakan Provinsi Kepri siap untuk memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Vaksin Booster di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/1/2022).  

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyatakan Provinsi Kepri siap untuk memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat umum.

Hanya saja, untuk memulai vaksinasi booster, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) masih menunggu izin dan instruksi dari Kementerian Kesehatan tentang petunjuk teknis vaksin booster. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan jika untuk mengantisipasi dampak penyebaran virus Covid-19 varian omicron di Indonesia, pemerintah akan memulai vaksin booster pada 12 Januari. 

Provinsi Kepri, Gubernur Ansar merencanakan peluncuran program vaksin booster akan dibarengi dengan kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri (Kemendagri), Tito Karnavian pada 13 sampai 14 Januari mendatang. 

"Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok, kita bisa memulai vaksin booster di Kepri dengan memanfaatkan momen kunjungan Mendagri ke daerah kita nanti," ujar Gubernur saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Vaksin Booster di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/1/2022). 

Provinsi Kepri memang termasuk dalam daerah yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan vaksin booster.

Baca juga: 5 Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Online untuk Masyarakat Umum

Baca juga: Vaksinasi Corona Batam Anak Usia 6-11 Tahun Berlanjut, Lokasinya di SDN 01 Sagulung

Syarat daerah yang bisa melakukan vaksin booster adalah sudah melebihi capaian 70 persen untuk vaksinasi dosis 1, dan sudah melebihi capaian 60 persen untuk vaksinasi dosis 2.

Untuk di Kepri, ada empat Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat tersebut.

Di antaranya, Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna. 

Terkait sasaran vaksin booster, pemerintah pusat memprioritaskan pemberian vaksin booster bagi kelompok lansia dan kelompok rentan.

Lalu pemberian vaksin booster juga diberikan pada kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Menyangkut target vaksinasi lainnya, skemanya masih digodok pemerintah pusat. 

"Kalaupun izin dari pusat untuk vaksin booster belum keluar, kunjungan Mendagri nanti kita gantikan dengan vaksinasi anak. Yang jelas kunjungan menteri itu harus dibarengi dengan serbuan vaksinasi," lanjut Gubernur Ansar. (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra) 

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved