Breaking News:

BATAM TERKINI

Pemko Batam Raup Rp 40 Miliar dari Pembayaran Tunggakan PBB-P2

Bapeda Batam berhasil mengumpulkan Rp 40 miliar dari tunggakan PBB-P2 dari pemanfaatan program keringanan yang dikeluarkan tahun 2021 lalu.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Batam, Raja Azmansyah mengatakan pihaknya berhasil mengumpulkan Rp 40 miliar dari tunggakan pajak bumi bangunan (PBB) dari pemanfaatan program keringanan yang dikeluarkan tahun 2021 lalu. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Batam, Raja Azmansyah mengatakan pihaknya berhasil mengumpulkan Rp 40 miliar dari tunggakan pajak bumi bangunan (PBB) dari pemanfaatan program keringanan yang dikeluarkan tahun 2021 lalu.

Banyak objek pajak yang memanfaatkan insentif atau keringanan yang diberikan selama kurang lebih tiga bulan tersebut.

"Alhamdulillah responnya sangat bagus. Untuk PBB jumlah pajak yang berhasil tertagih mencapai Rp 40 miliar," ujar Azmansyah, Selasa (11/1/2022).

Diakuinya melalui program Pengurangan Piutang Pokok dan Penghapusan Sanksi Administrasi Berupa Bunga atau Denda Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kota Batam, Pemko bisa memaksimalkan capaian pendapatan asli daerah (PAD) dari PBB.

Sementara itu, perihal kelanjutan program tersebut, sampai saat ini pihaknya belum ada kebijakan terkait relaksasi di tahun ini.

Bapeda masih menunggu kebijakan terbaru dari Wali Kota Batam untuk kembali membuat program serupa, sebagai upaya memaksimalkan capaian PBB.

Baca juga: JUMLAH Kasus Aktif Covid-19 di Batam Berkurang Dua, Kini Tinggal 4 Orang

Baca juga: BEGINI Kondisi Kantor DPRD Batam Setelah Kebakaran Hanguskan Ruang Fraksi Hanura

Tahun lalu, lanjut dia, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mencatat total tunggakan PBB yang belum dibayarkan wajib pajak mencapai Rp 450 miliar.

Angka ini diupayakan tertagih setiap tahunnya.

Untuk itu, pihaknya mengeluarkan relaksasi agar bisa menarik wajib pajak melunasi PBB mereka ini.

Ia menambahkan pada 2022 ini Batam ditargetkan Rp 255 miliar untuk PBB ini.

Tentu untuk mencapai angka ini perlu langkah dan upaya.

Salah satunya mengimbau masyarakat untuk segera membayarkan pajak bumi bangunan mereka.

"Kami akan sosialisasikan kepada lurah dan camat untuk membantu percepatan penagihan tunggakan ini. Kalau ada relaksasi akan kami informasinya, karena tahun ini target cukup besar," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved