Breaking News:

Penerima Vaksin Lengkap Sinovac Bisa Gunakan Booster Merek Pfizer, Ini Menjelasan Menkes

Program vaksinasi Covid-19 booster atau dosis ketiga akan dimulai pada Rabu (12/1/2022). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan

Editor: Eko Setiawan
Channel News Asia
Ilustrasi vaksin pfizer 

TRIBUNBATAM.id - Untuk mencegah wabah Covid-19, pemerintah Indonesia kembali melakukan suntik vaksinasi ke tiga atau yang disebut Boster.

Boster ini akan diberikan kepada masyarakat Indonesia secara Gratis.

Namun banyak masyarakat yang bingung, jika awalnya mereka menggunakan Sinovac apakah Vaksin boster yang akan digunakan nantinya.

Program vaksinasi Covid-19 booster atau dosis ketiga akan dimulai pada Rabu (12/1/2022).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan penerima vaksin lengkap Sinovac dapat menerima vaksin booster merek Pfizer.

 Adapun pemberiannya yaitu dengan setengah dosis vaksin Pfizer.

Baca juga: IDI Kepri Dukung Vaksinasi Booster untuk Usia 18 Tahun ke Atas

"Untuk vaksin primer atau dosis 1 dan 2 Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis vaksin Pfizer," kata Menkes dalam siaran pers virtual, Selasa (11/1/2022) sore.

Putusan ini disampaikan Menkes sesuai dengan ketersediaan stok vaksin dalam negeri serta persetujuan dari Badan POM (BPOM), ITAGI, serta Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Sekali lagi kami sampaikan, ini adalah kombinasi awal dari rezim vaksin yang akan kita berikan berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada dan hasil riset yang sudah disetujui BPOM dan ITAGI yang nantinya bisa berkembang sesuai hasil riset baru dan ketersediaan vaksin yang ada," jelas Budi.

"Ini juga sudah mendapat persetujuan dari WHO bahwa pemberian vaksin booster dapat menggunakan vaksin sejenis atau homolog. Serta juga vaksin berbeda atau heterolog," imbuhnya.

Budi juga mengatakan bahwa WHO juga memberikan keleluasaan kepada negara untuk menerapkan program vaksin booster dengan disesuaikan ketersediaan vaksin di masing-masing negara.

Oleh sebab itu, Menkes juga menyebut bahwa kombinasi vaksin yang akan diberikan dalam program vaksin booster yang akan berlangsung mulai besok, Rabu (12/1) akan disesuaikan dengan ketersediaan stok di dalam negeri.

Berikut ini merek vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk booster mulai besok, Rabu (12/1/2022):

1. Penerima Vaksin Sinovac 
Bagi penerima vaksin primer atau dosis 1 dan 2 Sinovac akan diberikan vaksin booster Pfizer dan AstraZeneca.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved