Breaking News:

CORONA KEPRI

Tanjungpinang Mulai Vaksinasi Booster, Wako dan Kadinkes Kompak Ajak Warga Divaksin

Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengajak masyarakat untuk mendatangi faskes terdekat yang menggelar vaksinasi booster untuk meningkatkan herd immunity

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Wali Kota Tanjungpinang Rahma dan Kadinkes Elfiani Sandri saat diwawancarai awak media usai meninjau pelaksanaan vaksinasi booster perdana, Kamis (13/1/2022) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota Tanjungpinang meluncurkan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga (booster) pada hari ini, Kamis, (13/1/2022).

Vaksinasi booster perdana ini dilaksanakan di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yakni, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tanjungpinang, Faskes Bakar Batu dan Puskesmas Tanjungpinang Kota.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Elfiani Sandri mengatakan, saat ini pelaksanaannya sudah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan dengan sasaran lansia dan usia 18 tahun ke atas.

"Selain nakes, saat ini vaksin booster sudah bisa diberikan kepada masyarakat dengan kategori lansia, usia 18 Tahun ke atas ataupun yang kondisi rentan," ujarnya saat ditemui di Faskes RSUD Tanjungpinang.

Ia menjelaskan, bagi penerima vaksin booster di Tanjungpinang saat ini tersedia jenis Pfizer dan Moderna. Nantinya akan disuntikkan dengan takaran dosis setengah.

"Apabila sebelumnya menerima dosis vaksin Sinovac maka tahap ketiganya diberikan Pfizer, namun bila sebelumnya menerima AstraZeneca maka tahap ketiga akan diberikan vaksin Moderna," Terang Elfiani.

Lanjutnya, untuk mendapatkan Vaksin booster, calon penerima harus melengkapi persyaratan dan ketentuan seperti membawa kartu identitas KTP dan surat keterangan vaksin penuh.

"Rentang waktu dari dosis kedua harus 6 bulan, baru bisa menerima vaksin booster," sebutnya.

Baca juga: Perdana dan Gratis, Pemkab Bintan Gelar Vaksinasi Booster di RSUD Bintan Hari Ini

Baca juga: Mendagri Bakal Lauching Vaksinasi Booster Covid-19 Batam Buat 500 Pelaku Pariwisata Nongsa

Nantinya, tambah Elfiani, pelaksanaan vaksin booster kepada masyarakat Tanjungpinang akan dilaksanakan setiap hari sebagaimana vaksin dosis dua yang masih berjalan di berbagai faskes.

"Vaksin dosis ketiga ini ada di beberapa tempat, termasuk seluruh Puskesmas di Tanjungpinang. Target kita untuk hari ini antara 2.000 sampai 3.000 orang," tukasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved