Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Kecamatan di Karimun Bertambah, Selat Gelam dan Sugie Besar Kini Punya Camat Sendiri

Bupati Karimun Aunur Rafiq bilang, saat ini Kantor Kecamatan Selat Gelam dan Sugie Besar masih dalam masa pembangunan.Sementara masih sewa rumah warga

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Kecamatan di Karimun Bertambah, Selat Gelam dan Sugie Besar Kini Punya Camat Sendiri. Foto Bupati Karimun Aunur Rafiq 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Karimun kini terdiri dari 14 kecamatan.

Itu setelah Bupati Karimun Aunur Rafiq menambah dua daerah pemekaran yakni Kecamatan Selat Gelam dan Kecamatan Sugie Besar.

Sebelumnya, Kecamatan Selat Gelam termasuk dalam Kecamatan Karimun. Sementara Kecamatan Sugie Besar termasuk dalam induk Kecamatan Moro.

Terbentuknya pemerintahan di dua kecamatan itu ditandai dengan dilantiknya dua camat untuk pemimpin desa tersebut.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, saat ini pusat pemerintahan atau kantor dari dua kecamatan pemekaran tersebut masih dalam masa pembangunan.

"Untuk sementara, masih akan menyewa rumah-rumah warga setempat sambil menunggu pembangunan gedung perkantoran oleh pemerintah daerah," ucap Rafiq, pada Senin (31/1/2022).

Ia melanjutkan, sebelum dimekarkan terhadap dua kecamatan itu telah lebih dulu dilakukan pembangunan insfratruktur jalan dan sebagainya.

"Sebenarnya dua kecamatan pemekaran ini sudah ada pembangunan, karena sebelumnya kecamatan induk yang terdapat beberapa desa telah ada infrastrkuktur sebagai tanda telah ada pembangunan. Seperti jalan dan sudah terbentuk jalan penghubung," ujarnya.

Baca juga: PT Timah Dukung Seminar Bedah Sejarah Karimun Bertuah

Baca juga: Coba Cek 14 Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karimun pada Hari Ini (31/1)

Selain itu, Rafiq mengatakan untuk anggaran berupa Pagu Indikatif Kecamatan (PIK), saat ini masih berkaitan dengan kecamatan induk kedua daerah pemekaran ini.

Hal ini nantinya akan menjadi pembahasan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk dua kecamatan pemekaran sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersendiri.

"Dengan adanya pemekaran ini kedua kecamatan akan berkembang dengan cepat, karena akan diberikan PIK untuk pembangunan di Kecamatan masing-masing. Tentunya juga didukung oleh pembangunan-pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah, untuk kepentingan masyarakat," jelasnya.

Diketahui, dengan adanya penambahan dua daerah pemekaran, kini Kabupaten Karimun memiliki 14 Kecamatan dari sebelumnya hanya 12 Kecamatan.

Adapun 14 Kecamatan di Kabupaten Karimun saat ini, yakni Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral, Kecamatan Meral Barat, Kecamatan Tebing, Kecamatan Selat Gelam, Kecamatan Buru, Kecamatan Belat.

Selanjutnya, Kecamatan Kundur, Kecamtan Kundur Barat, Kecamatan Kundur Utara, Kecamatan Ungar, Kecamatan Moro, Kecamatan Sugie Besar, dan Kecamatan Durai. (TribunBatam.id/YeniHartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved