Breaking News:

Ketua DMI Kepri Disambut Kompang Saat Hadiri Musda di Karimun, Ini Pesannya

Saat hadiri musda di Karimun, Ketua DMI Kepri M Rudi mengatakan, pentingnya syiar agama juga harus diseiringkan dengan agenda peningkatan ekonomi

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id
Ketua DMI Kepri Muhammad Rudi 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Dimeriahkan tabukan kompang, warga Karimun menyambut kedatangan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepri, Muhammad Rudi di Halaman Masjid Agung Kabupaten Karimun, Sabtu (12/2/2022).

Kunjungan pria yang juga Wali Kota Batam itu, dalam rangka Musyawarah Daerah (Musda) III DMI Karimun. Kegiatan ini berlangsung di Aula Darun Nadwah, masjid tersebut dan juga dihadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Rudi menyampaikan, pentingnya syiar agama juga harus diseiringkan dengan agenda peningkatan ekonomi. Korelasi dua hal ini juga senada dengan tema Musda, "Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid".

"Di samping mensyiarkan agama, ekonomi juga harus dijaga," kata Rudi.

Ia melanjutkan memakmurkan masjid sebagai bentuk tanggungjawab umat, termasuk pengurus DMI dan juga upaya meningkatkan ekonomi tak lepas dari kesadaran dan kerja bersama.

Untuk itu ia mengajak seluruh pengurus masjid dan musala untuk ikut menyukseskan cita-cita mulia tersebut, terkhusus di kabupaten Karimun yang memiliki sekitar 500-an masjid dan musala.

"Sebagai Ketua DMI Kepri saya tak bisa sendiri, perlu dukungan kita semua. Suatu tempat yang ada masjidnya kita makmurkan dan yang belum ini tugas kita bagaimana supaya masjid dapat dibangun. Kalau kita kompak ini akan selesai," katanya.

Ia juga menceritakan pada 2011 lalu dirinya bersafari dari masjid ke masjid di Batam yang berjumlah sekitar 813 masjid dan musala saat itu. Usut punya usut, sembari menggelar agenda ini, pihaknya juga menganalisa kenapa jamaah tak banyak yang beribadah di masjid.

Baca juga: Muhammad Rudi dan Rahma Hadiri Musda DMI Tanjungpinang, Ini Harapan Keduanya

Baca juga: Jusuf Kalla Bakal Lantik Walikota Batam Muhammad Rudi Jadi Ketua DMI Kepri

Walaupun hal tersebut kewajiban individual, Rudi menilai pengurus masjid dan musala juga harus memiliki inovasi agar banyak jamaah yang beribadah di masjid. Salah satu yang dapat dipetik adalah bagaimana menciptakan rasa nyaman beribadah di masjid dan musala.

"Akhirnya, alhamdulillah masjid di Batam hampir semuanya pakai pendingin ruangan. Akan ada saja jalan kalau kita kompak dan etos kerja kita tingkatkan," kata Rudi.

Rudi berbagi kiat bahwa semuanya juga harus diawali dengan kekompakan dan etos kerja tersebut. Kebersamaan ini akan membuat rencana akan semakin mudah diwujudkan.

Hal ini ia buktikan sendiri saat kembali 'diamanahi' menjadi Wali Kota Batam periode kedua. Saat semua daerah terdampak Pandemi Covid-19 namun Batam tetap saja membangun, walau dengan anggaran yang tak jauh beda dengan tahun sebelumnya.

"Kalaulah kita bisa merangkul semua atau kompak, proses membangun akan sempurna. Tidak ada lain, ini saya sampaikan saya ingin ekonomi Batam, ekonomi Tanjung Balai Karimun dan daerah lainnya bisa sama-sama lebih baik," paparnya. (tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved