Breaking News:

Berbatasan dengan Malaysia, Bakamla RI Perketat Penjagaan di Perairan Ambalat

Komandan KN Ular Laut-405 Letkol Bakamla Umar Dani sebut,operasi yang dilakukan itu diharapkan dapat menekan gangguan keamanan dan keselamatan di laut

Penulis: ronnye lodo laleng | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bakamla RI saat melakukan pengamanan untuk memperketat perairan Ambalat 

TRIBUNBATAM.id - Bakamla RI melalui unsur patroli KN Ular Laut-405 kembali menggelar operasi keamanan dan keselamatan laut di perairan Ambalat, Minggu (13/2/2022) pagi.

Diketahui perairan Ambalat terletak di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Kegiatan operasi ini dilakukan atas perintah Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, melalui surat perintah dengan nomor : OP.01.01/09/2022 dengan nama operasi "Gada Nusantara-III/22.

Operasi ini juga melibatkan unsur patroli lainnya secara bergantian seperti KN Bintang Laut-401, KN Singa Laut-402 dan KN Belut Laut-406.

Adapun target operasi Gada Nusantara-III/22, yaitu melaksanakan operasi keamanan dan keselamatan laut serta penegakan hukum sesuai prosedur sekaligus memberikan bantuan SAR di perairan Ambalat.

Operasi Gada Nusantara-III/22 ini melaksanakan pendeteksian, pengenalan dan pengintaian terhadap kapal-kapal yang dicurigai melaksanakan pelanggaran di laut, serta memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan (SAR).

Komandan KN Ular Laut-405 Letkol Bakamla Umar Dani mengatakan, dengan operasi Gada Nusantara-III/22, diharapkan gangguan keamanan dan keselamatan laut Ambalat perbatasan Indonesia Malaysia dapat diminimalisir.

"Gangguan tersebut berupa pelanggaran batas wilayah, pembajakan dan perompakan di laut, keselamatan pelayaran, penyelundupan, perusakan kabel dasar laut, pelanggaran terhadap peraturan perikanan (illegal fishing), pencemaran laut, perusakan terumbu karang dan biota laut, serta pendatang tanpa ijin (illegal migrant)," jelas Umar Dani.

Baca juga: Kronologi Kapal Tanker Marshall Islands Diusir Bakamla RI dan TNI AL di Selat Malaka

Baca juga: Bakamla Bawa Kapal Illegal Fishing Asal Vietnam ke Batam, Hasil Patroli Laut Natuna Utara

Di antaranya, pada saat melaksanakan patroli, KN Ular Laut-405 berjumpa dengan KRI Hasan Basri.

"Hal ini membuktikan bahwa simbol negara melalui TNI AL maupun Bakamla RI selalu hadir di daerah perairan perbatasan untuk menjaga kedaulatan dan keamanan laut NKRI," tutupnya.

(*/ TRIBUNBATAM.id/ Ronnye Lodo Laleng)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved