Breaking News:

Bakamla Bawa Kapal Illegal Fishing Asal Vietnam ke Batam, Hasil Patroli Laut Natuna Utara

Hasil patroli Bakamla di Laut Natuna Utara, 20 awak kapal illegal fishing asal Vietnam dibawa ke Batam untuk menjalani proses hukum.

TribunBatam.id/Istimewa via Tribunnews.com/Dok. Bakamla RI
KN Pulau Dana-323 Bakamla RI menangkap satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam yang beraktivitas menangkap ikan secara ilegal di perairan Laut Natuna Utara perbatasan Indonesia-Malaysia bagian Barat, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (24/12/2021). Satu kapal illegal fishing berhasil kabur ke perbatasan perairan Malaysia. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - KN Pulau Dana-323 membawa satu kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam menuju Kota Batam, Provinsi Kepri.

Mereka dijadwalkan tiba di Batam Minggu (26/12/2021).

Kapal ikan asing bernomor lambung KG 2118 TS dengan 20 awak kapal berkewarganegaraan Vietnam ditangkap saat beraktivitas menangkap ikan secara ilegal di Laut Natuna Utara, Provinsi Kepri, Jumat (24/12/2021).

Atau di sekitar perbatasan Indonesia-Malaysia bagian barat.

Penangkapan bermula saat KN Pulau Dana-323 yang dikomandoi Letkol Bakamla Hananto Widhi berpatroli di Laut Natun Utara jelang akhir tahun.

Dengan melaksanakan operasi pengamanan semua aktivitas maritim baik operasi drilling dan juga perikanan yang berada di Laut Natuna Utara.

Baca juga: PSDKP Batam Tangkap 2 Kapal Asing Pelaku Illegal Fishing di Laut Natuna Utara

Baca juga: 100 Hari Kinerja Menteri Trenggono, 67 Kapal Illegal Fishing Ditangkap di Perairan Indonesia

Perintah itu diakui Kabag Humas dan Protokol Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita merupakan perintah dari Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia melalui Direktur Operasi Laksma Bakamla Suwito selaku Palakhar Opskamla.

Saat menjalankan patroli, kata Wisnu, pada pukul 06.15 WIB KN Pulau Dana-323 mendeteksi kontak radar 2 KIA sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan di wilayah perairan perbatasan Indonesia-Malaysia pada posisi 04°.14'.30" U-105°.02'.13" T.

Saat KN Pulau Dana-323 mendekati, dua KIA tersebut langsung menambah kecepatan untuk menghindar dan keluar dari perairan Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, lanjut Wisnu, Komandan KN Pulau Dana-323 memerintahkan agar menurunkan RHIB dan tim VBSS untuk melaksanakan pengejaran.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved