Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Aneka Kuliner Tradisional Anambas Meriahkan MTQ Kecamatan Siantan Timur

MTQ Kecamatan Siantan Timur yang dibuka Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra terasa spesial dengan aneka kuliner tradisional.

TribunBatam.id/Noven Simanjuntak
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra hadir dan membuka seleksi MTQ Kecamatan Siantan Timur, Jumat, (18/2/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra membuka pelaksanaan seleksi Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ) Ke I Tingkat Kecamatan Siantan Timur, Jumat (18/2/2022). 

Bertempat di Desa Munjan, acara yang diselenggarakan di lapangan bola itu nantinya berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 Februari 2022.

Terdapat aneka stand pameran kuliner khas Anambas dari Desa Batu Belah, Desa Munjan dan Desa Nyamuk dalam MTQ Kecamatan Siantan Timur 2022 ini.

Mulai dari kuliner bahari seperti lakse, kebuyat, bubur pedas, kasam pansek, ikan asin selar, kue pintal keripik pisang, kerupuk ikan, keripik ubi pedas, kuping gajah.

Selain itu ada miniatur jongkong layar dan baju desain dengan gambar pulau Anambas sebagai kreatifitas kerajinan tangan.

"Dengan kegiatan ini kiranya membawa ketenangan dan kedamaian dalam kehidupan masing-masing di wilayah Kepulauan Anambas," ujar Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra.

Dirinya mengatakan, seleksi Tilawatil Quran merupakan suatu kegiatan keagamaan guna meningkatkan ukhuwah Islamiah.

Baca juga: Bupati Anambas Buka MTQ 2022, Gaungkan Ayat Al-Quran saat Pandemi Covid-19

Baca juga: Bangga Batam Juara Umum STQ Kepri 2021, Amsakar Ingatkan Makna Penting MTQ

"Tentu tujuan kita dari Pemda melalui kegiatan ini sebagai wadah seleksi untuk mencari Qori dan Qoriah terbaik yang nantinya menjadi utusan kecamatan ke kabupaten hingga ke tingkat provinsi," tuturnya.

Selain itu lanjutnya, MTQ dapat memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk belajar seni membaca Alquran dan menghidupkan kembali LPTQ di masing-masing desa.

"Kalau sekiranya di semua desa TPQ atau rumah Tahfiznya aktif, uztaz dan pelatih didatangkan maka yang suka membaca Alquran sudah pasti akan banyak di kabupaten kita ini," jelasnya.

Pantauan TribunBatam.id, ratusan warga dari berbagai desa Kecamatan Siantan Timur telah memenuhi hampir seluruh lapangan bola.

Bangunan megah Astaqa dengan paduan warna hijau dan kuning semakin semarak dengan penampilan pembuka dari tarian persembahan adat melayu para siswa.

Acara pun ditutup dengan tarian kolosal anak-anak Desa Munjan yang sontak memukau para penonton dengan musik Islami yang bergemuruh puluhan penari berlari ke sana kemari melekukan badan seirama musik.

10 Kecamatan

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved