Breaking News:

BP BATAM

Dorong Kegiatan Industri, BP Batam Benahi Infrastruktur di Sekitar Pelabuhan Batu Ampar

Kepala BP Batam Muhammad Rudi sebut, pembangunan infrastruktur di kawasan Pelabuhan Batu Ampar akan dilanjutkan untuk konektivitas industri

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa Humas BP Batam
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi memaparkan rencana pembangunan infrastruktur Kota Batam, beberapa waktu lalu 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Seiring dengan meningkatnya kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Batu Ampar, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi juga membangun infrastruktur jalan di sekitar wilayah Batu Ampar.

Kini, akses jalan yang lebih lebar dapat dirasakan pengendara yang melintas sepanjang Jalan Lumba-lumba Lengan Simpang Pelabuhan sampai Jalan Yos Sudarso, Batu Ampar.

Mobilisasi kendaraan, khususnya kendaraan industri dapat lebih leluasa dengan adanya lima lajur yang diperlebar di sepanjang jalan ini.

"Pembangunan jalan ini juga akan kami lanjutkan sehingga bisa menghubungkan Batu Ampar dengan Simpang Kabil. Harapannya, konektivitas industri dan infrastruktur dapat terhubung," ujar Rudi.

Di samping pengerjaan jalan, BP Batam juga membenahi berbagai infrastruktur lainnya, seperti penambahan jalur sepeda, jalur pejalan kaki, penghijauan dan perbaikan sistem drainase di berbagai titik jalan yang telah dikerjakan.

Di wilayah Pelabuhan Batu Ampar sendiri, BP Batam tengah melakukan pengerjaan pelebaran drainase dengan memasang box culvert sepanjang gorong-gorong yang mengarah ke pintu masuk dermaga.

Pengerjaan drainase ini sudah dimulai sejak 3 Februari 2022 dengan estimasi lama pengerjaan satu bulan.

"Pengerjaan drainase ini bertujuan untuk mencegah timbulnya genangan air di sekitar wilayah pelabuhan ketika musim hujan," tambah Rudi.

Baca juga: BP Batam Hapus Tarif Jasa Tambat Pelabuhan Khusus, Angin Segar Industri Shipyard

Baca juga: Revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar 2022, BP Batam Beli Satu Unit Container Crane

Seluruh perbaikan infrastruktur ini tidak lain berguna bagi kelancaran mobilitas kendaraan dan arus logistik yang keluar masuk Pelabuhan Batu Ampar.

Kini, akses keluar masuk di pelabuhan ini juga semakin dipermudah dengan adanya Auto Gate System (AGS) yang dapat mendata kendaraan dan kontainer secara otomatis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved