Breaking News:

Cara Obati Sakit Tenggorokan karena Covid-19 Varian Omicron, SIMAK Tips dari Ahlinya

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala Covid-19 varian Omicron yang kerap dilaporkan penderitanya. Dilansir dari Everyday Health, penelitian

Tribunnews
Ilustrasi sakit tenggorokan 

TRIBUNBATAM.id - Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala Covid-19 varian Omicron yang kerap dilaporkan penderitanya. 

Dilansir dari Everyday Health, penelitian yang dilaporkan otoritas kesehatan di Inggris menunjukkan, sebanyak 53 persen orang yang positif Omicron merasakan gejala sakit  tenggorokan.  

Persentase tersebut lebih besar dibandingkan sakit tenggorokan yang dirasakan orang yang positif Delta (varian virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 sebelumnya). 

Seperti diketahui, sakit tenggorokan karena Covid-19 bisa sangat mengganggu penderitanya karena terkadang sampai menyebabkan nyeri saat menelan. 

Kondisi ini bisa menyebabkan penderita tidak nafsu makan sampai susah menelan cairan. 

Sebelum menyimak beberapa cara mengobati sakit tenggorokan karena Covid-19, ketahui dulu kaitan antara sakit tenggorokan dan Covid-19 Omicron. 

Baca juga: Termasuk Peppermint, Ini 5 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan yang Bikin Susah Menelan

Baca juga: 5 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan dengan Bahan Herbal, Termasuk Mengonsumsi Madu

Sakit tenggorokan dan Covid-19 Omicron

Penderita Omicron banyak yang merasakan gejala Covid-19 sakit tenggorokan karena Omicron cenderung menginfeksi saluran pernapasan bagian atas. 

Hal ini sedikit membedakan Omicron dengan Delta yang dapat menginfeksi saluran pernapas bawah atau sampai menyerang paru-paru. 

Karena lebih sering menginfeksi saluran pernapasan atas, Omicron juga lebih mudah menular dibandingkan varian virus corona lainnya. 

Ihwal berapa lama sakit tenggorokan karena Covid-19, hal ini dapat dipengaruhi status vaksinasi Covid-19 dan kondisi kesehatan penderita. 

Untuk penderita yang belum disuntik vaksin Covid-19, sakit tenggorokan bisa bertahan sampai dua minggu. 

Sedangkan untuk penderita yang sudah menerima vaksin Covid-19, sakit tenggorokan biasanya dapat membaik dalam waktu seminggu. 

Baca juga: Singapura Deteksi 2 Kasus Impor Covid-19 Varian Omicron, Gejala Tenggorokan Gatal

Baca juga: Ini 5 Bahan Alami untuk Obati Sakit Tenggorokan

Cara mengobati sakit tenggorokan Covid-19 Omicron

Dokter spesialis THT yang berbasis di Silicon Valley AS Jerome Hester, MD membagikan cara mengobati sakit tenggorokan karena Covid-19 yang praktis dijajal di rumah. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved