Breaking News:

INFO PENERBANGAN

Cara Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi, Wajib Diisi Penumpang Pesawat Sebelum Berangkat

Pengisian e-HAC atau electronic-Health Alert Card oleh calon penumpang pesawat rute domestik, wajib diisi sebelum keberangkatan.

Peera_Sathawirawong via parapuan.co
ILUSTRASI - Cara Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi, Wajib Diisi Penumpang Pesawat Sebelum Berangkat 

TRIBUNBATAM.id - Pengisian e-HAC atau electronic-Health Alert Card oleh calon penumpang pesawat rute domestik, wajib diisi sebelum keberangkatan.

Aturan ini berlaku mulai hari ini, Kamis 3 Maret 2022 untuk memngurakan penumpukan atau atrean di bandara kedatangan.

Selain pengisian e-HAC yang dilakukan sebelum melakukan penerbangan, calon penumpang juga diminta segera update aplikasi PeduliLindungi versi terbaru.

Sebab, pada versi terbaru, e-HAC memiliki fitur pengecekan kelayakan terbang bagi pengguna transportasi udara domestik dengan tampilan lebih ramah atau user friendly.

Dengan pembaruan fitur tersebut, proses pengecekan status kelayakan terbang oleh petugas bandara tentunya mengalami perubahan.

"Aturan baru ini akan berlaku efektif per tanggal 3 Maret 2022 mendatang," ucap Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji.

Baca juga: SYARAT Perjalanan & Dokumen Penerbangan Pesawat Citilink dan Garuda Periode PPMK 2022

Baca juga: Aturan Terbaru Naik Pesawat, Calon Penumpang Wajib Lakukan Ini untuk Penerbangan mulai 3 Maret 2022

Bukan hanya bagi pengguna pesawat terbang, Setiaji juga mengingatkan bahwa e-HAC wajib diisi bagi pelaku perjalanan transportasi darat dan laut.

"Ke depan, fitur dan alur pengisian e-HAC di aplikasi PeduliLindungi terus dievaluasi dan dikembangkan, dengan data semakin terintegrasi dan disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku," tutur Setiaji.

Sebelumnya ia menjelaskan untuk menghindari antrean panjang di bandara saat kedatangan, pemerintah mengharuskan pelaku perjalanan domestik mengisi e-HAC sebelum keberangkatan.

Diketahui, e-HAC sebekumnya diisi setelah pelaku perjalanan domestik tiba di tempat tujuan.

Namun, seiring dengan jumlah pengguna transportasi udara domestik meningkat, telah terjadi antrean panjang di bandara saat kedatangan untuk memeriksa e-HAC.

"Dalam aturan penerbangan domestik terkini, penumpang harus mengisi e-HAC di aplikasi PeduliLindungi sebelum melakukan check in di bandara keberangkatan, atau paling cepat sehari sebelum jadwal penerbangan," ujar Setiaji, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rabu (2/3/2022).

Electronic Health Alert Card (e-HAC) adalah Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang ditujukan pada semua pelaku perjalanan domestik dan internasional selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Maksud Hasil Tes Tidak Ditemukan saat Isi e-HAC Pedulilindungi, Jadi Syarat Naik Pesawat Terbang

Baca juga: Cara Memperbaiki Data Salah di Aplikasi PeduliLindungi terkait Sertifikat Vaksin Covid-19

Cara Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved