Breaking News:

Daftar Negara yang Bisa Dikunjungi Turis Indonesia Bebas Karantina

Beberapa negara tetangga mulai membuka perbatasan dan siap menyambut wisatawan RI dengan skema bebas karantina di antaranya Malaysia dan Singapura

SINGAPORE
Ilustrasi berwisata di Singapura - Daftar Negara yang Bisa Dikunjungi Turis Indonesia Bebas Karantina 

TRIBUNBATAM.id - Beberapa negara tetangga mulai membuka perbatasannya dan siap menyambut wisatawan Indonesia dengan skema bebas karantina.

Salah satunya adalah Malaysia, di mana per 1 Maret 2022, Negeri Jiran Malaysia kembali membuka pintu masuknya bagi wisatawan dari semua negara, tanpa karantina.

Mengikuti usul Kementerian Kesehatan, wisatawan yang akan memasuki Malaysia, harus menjalani tes Covid-19 sebelum dan setibanya di negara tersebut.

Bukan cuma Malaysia, negara Singapura juga mulai membuka kembali perbatasannya bagi turis asing di beberapa negara termasuk Indonesia.

Sejak 21 Februari 2022, turis Jalur Perjalanan Vaksinasi (VTL) asal Indonesia bebas dari karantina dan hanya wajib melakukan tes antigen mandiri di bawah pengawasan otoritas Singapura.

Sebagai informasi, VTL merupakan jalur khusus wisata dari satu negara ke negara yang lainnya.

Untuk VTL Singapura, turis diperbolehkan masuk ke negara ini tanpa perlu karantina, dengan syarat telah divaksinasi dosis penuh.

Baca juga: Gubernur Kepri Sambut Kedatangan 35 Turis Dari Singapura ke Lagoi Bintan, Program Travel Bubble

Baca juga: Ini Syarat Turis Singapura Bisa Bepergian ke Batam Lewat Skema Travel Bubble dari Imigrasi

Setidaknya ada delapan negara tetangga yang sudah bisa dikunjungi oleh turis asal Indonesia dan bebas karantina, yakni sebagai berikut:

Papua Nugini

Papua Nugini telah membuka pintu masuknya untuk wisatawan asing tanpa kewajiban karantina, sejak Rabu, 16 Februari 2022 lalu.

Adapun sejumlah syarat agar wisatawan bisa memasuki Papua Niugini, di antaranya:

- Wajib sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 penuh, kecuali untuk calon wisatawan berusia di bawah 18 tahun atau penduduk Papua Nugini

- Memiliki hasil tes Covid-19 kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan, kecuali anak berusia lima tahun ke bawah

- Menjalani tes Covid-19 setibanya di Papua Nugini

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved