Breaking News:

Karimun Bersiap Hadapi Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyebut, Pemkab Karimun tengah bersiap menghadapi pandemi covid-19 jadi pandemi

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Bupati Karimun Aunur Rafiq 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Bupati Karimun Aunur Rafiq menyebut Karimun tengah bersiap menghadapi pandemi covid-19 menjadi endemi. 

Disampaikannya, pandemi merupakan penyakit atau wabah yang berjangkit meliputi daerah geografis yang luas atau menyebar hampir di seluruh negara atau benua.

Sementara endemi merupakan penyakit di suatu daerah atau suatu golongan masyarakat, yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

"Pemerintah pusat telah resmi menetapkan pandemi menjadi endemi. Insha Allah kita Pemkab Karimun siap apabila pandemi berubah menjadi endemi," ujar Aunur Rafiq, Kamis (24/3/2022).

Menurutnya, peralihan status wabah atau pandemi Covid-19 menjadi endemi ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat Karimun.

"Karimun siap untuk menerapkan endemi. Ini juga terlihat dari tren kasus Covid-19 di Karimun yang terkendali dan kian menurun," tambahnya.

Dengan begitu, Bupati Aunur Rafiq mengimbau agar vaksinasi terus di dorong dan dilakukan oleh masyarakat Karimun.

"Kesiapan lainnya menghadapi endemi ini, kepada seluruh masyarakat agar melakukan vaksinasi guna kekebalan komunal bisa terbentuk sempurna," harapnya.

Baca juga: Kepala BNPB Letjend TNI Suharyanto Ungkap Kondisi Covid-19 Nasional, Sebut Nama Varian Baru

Baca juga: Jumlah Kasus Aktif Covid-19 di Batam Tersisa 56 Orang, Tiga Kecamatan Zero Kasus

Tidak hanya itu, perubahan status endemi juga akan mendorong perekonomian masyarakat Karimun yang telah terdampak selama pandemi Covid-19.

"Tentunya perubahan menjadi endemi ini, perekonomian serta aktifitas Karimun kembali normal. Apalagi jika akses pelayaran internasional ikut dibuka," jelasnya.

Terakhir, Bupati menegaskan peralihan status menjadi endemi agar masyarakat tidak lalai akan protokol kesehatan.

"Patuh terhadap protokol kesehatan adalah kunci utama untuk menerapkan endemi di Karimun. Dengan begitu jangan pernah lengah akan prokes," pungkasnya.

(Tribunbatam.id/YeniHartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved