Breaking News:

PILPRES 2024

Survei Pilpres 2024: Pemilih PDIP Cenderung Pilih Ganjar ketimbang Puan, Duet Anies-AHY Unggul

Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mendapati pemilih PDIP cenderung memilih Ganjar Pranowo maju di Pilpres ketimbang Puan

Kolase TribunKaltara.com / Kompas.com/Riska Farasonalia
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Puan Maharani - Survei Pilpres 2024: Pemilih PDIP Cenderung Pilih Ganjar ketimbang Puan, Duet Anies-AHY Unggul 

TRIBUNBATAM.id - Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mendapati temuan menarik, yakni pemilih PDIP cenderung memilih Ganjar Pranowo maju di Pilpres.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas menjelaskan, PDIP sebagai partai pemenang Pemilu 2019 dan berbagai survei terkini menunjukkan bahwa elektabilitasnya masih paling tinggi dibanding partai-partai lain.

Karena itu, menurutnya, arah dukungan massa partai ini kepada calon-calon presiden penting diamati.

Dalam survei SMRC terbaru ini, ditemukan bahwa Ganjar Pranowo adalah tokoh yang paling banyak didukung oleh massa pemilih PDIP untuk menjadi presiden dengan 34,2 persen.

"Disusul Prabowo Subianto 11,1 persen, Anies Baswedan 7,2 persen dan Puan Maharani 1,9 persen," kata Sirojudin dalam rilis survei secara daring, Kamis (7/4/2022).

Dia mengatakan dalam setahun terakhir, dukungan massa PDIP kepada Ganjar naik dari 20,1 persen pada Maret 2021 menjadi 34,2 persen pada Maret 2022.

"Namun, dalam 3 bulan terakhir, dukungan massa PDIP kepada Ganjar cenderung stagnan dari 36,7 persen pada Desember 2021 menjadi 34,2 persen Maret 2022," katanya.

Baca juga: Ketika Aparatur Desa Bertanya Kesiapan Luhut Binsar Pandjaitan Maju Pilpres 2024

Baca juga: Kader HIPMI Nyatakan Diri Dukung Erick Thohir di Pilpres 2024, Disebut Cerminan Muslim Berakhlak

Ia pun menyebut kecenderungan dukungan massa pemilih PDIP terhadap Puan Maharani dalam satu tahun terakhir tidak banyak berubah, yaitu 1,3 persen pada Maret 2021 dan 1,9 persen pada Maret 2022.

Tiga Pasang Calon

Temuan survei opini publik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru bertajuk “Prospek Capres 2024" menyebutkan sejumlah hal menarik.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved