Breaking News:

Bank Indonesia Kepri

Jelang Lebaran 2022, Bank Indonesia Kepri dan Pemkab Anambas Pantau Harga Komoditas Pangan

Bank Indonesia Kepri menyadari setiap jelang Idul Fitri sejumlah komoditas pangan biasanya alami kenaikan harga signifikan

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau (Kepri) Musni Hardi K. Atmadja bersama Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris meninjau komoditas pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 2022, Selasa (26/4/2022) 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan peninjauan sejumlah komoditas pangan di Pasar Inpres Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kegiatan itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri Musni Hardi K. Atmadja tak turun sendirian, melainkan bersama Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris. Mereka ingin memastikan harga-harga tetap terkendali dan tidak terjadi kelangkaan sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Musni menyadari, secara historis saat menjelang Idul Fitri sejumlah komoditas pangan biasanya selalu mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan. Oleh sebab itu, pihaknya bersama Pemerintah Daerah Anambas turun langsung meninjau kondisi harga tersebut.

"Jadi kita sama Pak Bupati di sini coba lihat seperti apa lebaran nanti. Apakah harga-harganya mengalami peningkatan yang signifikan apa tidak," ujarnya, Selasa (26/4/2022) di Anambas.

Ia mengatakan, dari hasil peninjauan pihaknya, di Pasar Inpres Tarempa sebagian besar harga komoditas pangan strategis seperti sayuran, beras, tepung masih ditaraf stabil.

"Hanya harga minyak goreng kemasan yang masih tinggi, tentunya hal itu juga mengacu secara nasional lantaran dicabutnya HET oleh Pemerintah Pusat," sebutnya.

Selain itu, stok pangan juga dalam kondisi yang cukup untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Anambas menjelang Idul Fitri.

"Dari penyampaian pedagang kebutuhan pangan cukup dan transportasi yang membawa komoditas juga lancar," terangnya.

Baca juga: Bank Indonesia Tambah Mobil Kas Keliling di Batam, Cek Jadwal & Lokasi Penukaran Uang Baru

Baca juga: BI Perwakilan Kepri Siapkan Uang Tunai Rp2,11 Triliun Untuk Penukaran Hari Raya Idul Fitri

Musni menjelaskan, peninjauan komoditas pangan ini merupakan bagian dari kegiatan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dilakukan secara rutin untuk menjaga kestabilan harga.

"Tentunya nanti rutinlah kita mengecek perkembangan harga pangan di Anambas ini, melalui pertemuan dengan tim apakah per triwulan atau per semester," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved