Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022, Ini Pesan Wabup Anambas

Wabup Anambas Wan Zuhendra sebut, budaya sadar kebencanaan harus dimulai sejak dini dari individu, keluarga, sampai lingkungan masyarakat.

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra dan pihak terkait lainnya saat peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2022 di Anambas, Selasa (26/4/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar apel gabungan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) kelima tahun 2022.

Dipimpin oleh Wakil Bupati KKA, Wan Zuhendra, peringatan yang jatuh pada tanggal 26 April itu, bertempat di Lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah, Jalan Iman Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Selasa (26/4/2022).

Dalam amanatnya, Wan Zuhendra mengatakan budaya sadar kebencanaan harus dimulai sejak dini. Yakni dari individu, keluarga, komunitas sekolah sampai lingkungan masyarakat.

"Oleh sebab itu, sub tema Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun ini adalah keluarga tangguh bencana pilar bangsa menghadapi bencana yang paraler dengan tema-tema Hari Kesiapsiagaan Bencana lima tahun terakhir," ucapnya.

Menurutnya lagi, Hari Kesiapsiagaan Bencana merupakan momentum penting untuk dilakukan seluruh komponen bangsa yang selaras dengan Undang-undang Nomor 24 tahun 2007, tentang penanggulangan bencana yang ditetapkan pada tanggal 26 April tahun 2017.

"Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, simulasi bencana secara rutin harus dilakukan di daerah-daerah rawan bencana. Lebih lanjut beliau juga menekankan pentingnya pembangunan sistem edukasi kebencanaan berkelanjutan di daerah rawan bencana," terangnya.

Ia menyebutkan, lebih dari 53.000 desa atau kelurahan dan lebih dari 51 juta keluarga di Indonesia tinggal di daerah rawan bencana.

"Artinya, Indonesia termasuk negara rawan bencana. Tidak ada satu pun provinsi dan kabupaten/kota yang bebas dari ancaman bencana," tutur Wan Zuhendra.

Baca juga: Peringatan HKB Nasional, BPBD Anambas Akan Gelar Apel dan Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Hari Kedua Tim Sar Gabungan Cari Rina, Anak 12 Tahun Hilang saat Mencari Kerang

Eskalasi bencana setiap tahunnya terus meningkat, bencana hedrotomologi masih mendominasi dan bencana yang bersifat berulang perlu tetap diwaspadai. Itulah kenapa tema tahun ini keluarga tangguh bencana pilar bangsa menghadapi bencana.

"Harus diimplementasikan secara kontret yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan dan peringatan dini. Di luar itu harus dibarengi dengan kapasitas lembaga dan sumber daya manusianya," tambahnya.

Ia berharap peringatan HKBN 2022 tidak sekadar menjadi kegiatan seremonial belaka. Namun mengedepankan aksi nyata dengan target peningkatan kesadaran, pengatahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengahadapi bencana.

"Sekali lagi saya tekankan kesiapsiagaan merupakan upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui keorganisasian, langkah-langkah yang tepat guna, dan kesiapsiagaan yang baik, khusunya di Kepulauan Anambas," tukasnya..
(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved