Breaking News:

LEBARAN 2022

Persaingan Lomba Mobil Hias Cukup Ketat, Nongsa Juara I, Juara 3 dan 4 hanya Selisih 0,5 Poin

Mobil hias Nomor 4, dari Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau menjadi juara pertama saat Pawai Takbir 2022 momen Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Sihat Manalu
Tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi
Mobil hias Kecamatan Nongsa yang bertemakan replika kapal menjadi juara 1 Lomba Mobil Hias Pawai Takbir 2022 

Editor: Sihat Manalu 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Mobil hias Nomor 4, dari Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau menjadi juara pertama saat Pawai Takbir 2022 momen Idul Fitri 1443 Hijiriah. Dengan perolehan nilai 86 poin.


Hal ini diketahui ketika Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) Batam, Zulkarnain Umar mengumumkan hasil dari perlombaan mobil hias pada momen pawai takbir, Minggu (1/5/2022) lalu. Hasil ini diungkapkan sebelum pelaksanaan Salat Idul Fitri di Dataran Engku Puteri, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Juara terbaik kedua mobil hias dengan nilai 85 jatuh pada Kecamatan Sekupang dengan nomor peserta 08
Juara terbaik ketiga mobil hias dengan nilai 84,5 jatuh kepada Kecamatan Batam Kota dengan nomor peserta 03. Selanjutnya juara harapan 1dengan jumlah nilai 84, jatuh kepada Kecamatan Batuaji dengan nomor peserta 05.

Pantauan Tribunbatam.id mobil hias Kecamatan Nongsa bertemakan replika kapal. Kapal tersebut membawa bulan dan bintang. Disempurnakan dengan seorang pria yang memukul bedug dan beberapa orang lainnya mengumandangkan takbir.

Baca juga: Zulianty Pertiwi Kangen Masakan Opor Ayam Ibunda, Lega Bisa Mudik Setelah Dua Tahun Tidak Balik


Seperti diketahui, ada 105 peserta mobil hias yang mengikuti pawai takbir saat momen Idulfitri 1443 Hijiriah. Dimulai dari Dataran Engku Hamidah, Kota Batam, Kepulauan Riau.


Adapun kriteria mobil hias sebagai berikut, menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam. Kemudian, tinggi dekorasi mobil hias maksimal 4 meter dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter dengan jumlah anggotanya antara 7 hingga 10 orang. Mobil hias harus menampilkan logo, tema dan slogan. Sedangkan, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan.


Selain itu, yang juga perlu diperhatikan adalah kontruksi hiasan atau dekorasi dirancang sedemikian rupa, dengan tetap mempertimbangkan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas (pandangan pengemudi dan lampu penerangan dan lainnya). Hal ini juga perlu menjadi perhatian mobil pendukung.

Baca juga: Zakat Fitrah Terkumpul Tahun 2022 Rp 13 Miliar Turun 5 Persen dari Tahun Lalu


Sedangkan kriteria penilaian,  pawai takbir Idulfitri Tingkat Kota Batam Tahun 2022 mempertimbangkan; a. Lafadz dan Suara; b. Dekorasi kenderaan sesuai dengan tema Idulfitri; c. Kerapian dan keserasian; d. Jumlah peserta dan Kekompakan; e. Ketertiban dalam berlalu lintas.

Lomba dimulai pukul 19.30 WIB pada hari yang ditentukan, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad bersama Forkompinda melepas langsung rombongan pawai  tersebut. 


Kegiatan tersebut juga diikuti, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal, perbankan, kecamatan se-Kota Batam, Ormas Islam, hingga perwakilan masjid dan musala. Semakin semarak karena ada penampilan musik religi Grup Musik Malaykuistik Kota Batam.

Baca juga: Dua Tahun Menunggu,Wali Kota Bersyukur Lepaskan 73 Peserta Pawai Malam Takbiran di Tanjungpinang


Rute yang dilewati pawai yakni dari Dataran Engku Hamidah, melewati Simpang Rosedale menuju Simpang Frengky dan Simpang Kara. Selanjutnya ke Simpang Kabil dan Simpang Panbil dan terakhir finis di sekitar Simpang Barelang. Untuk hadiah pawai juara 1 Rp 12 juta, juara 2 Rp 10 juta, juara 3 Rp 8 Juta, dan juara 4 Rp 6 juta. (*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved