Breaking News:

NEWS VIDEO

Viral Video Awan Hitam Mirip Ombak di Kutai Kartanegara

Beredar video detik-detik awan hitam mirip ombak di langit kawasan Gunung Sari, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (8/5/2022).

TRIBUNBATAM.id - Beredar video detik-detik awan hitam mirip ombak di langit kawasan Gunung Sari, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (8/5/2022).

Awan hitam terlihat seperti ombak besar yang seakan akan menggulung.

Dilansir dari Kompas.tv, Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Tarjono mengatakan, fenomena alam tersebut biasa terjadi, tetapi frekuensinya jarang.

Dia menjelaskan, awan dalam fenomena tersebut bernama awan Arcus. Awan itu kerap dijumpai di antara awan Cumolonimbus dan Cumulus.

"Secara ilmiah dalam dunia meteorologi, awan tersebut dinamakan awan Arcus. Awan ini dapat dijumpai di antara awan Cumulonimbus dan Cumulus. Awan Arcus lazim terjadi," jelas Tarjono beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemuda Hanyut di Sungai Deli saat Buang Sampah

Awan itu terbentuk dari ketidakstabilan atmosfer di sepanjang masa udara yang lebih dingin dengan masa udara yang lebih hangat dan lembap.

Sehingga awan itu membentuk tipe horizontal dan memanjang seperti gelombang atau ombak.

"Pada awan ini berpotensi menimbulkan angin kencang, hujan lebat dan petir di sekitar pertumbuhan awan," ujar Tarjono.

Dia melanjutkan, kemunculan awan tersebut murni merupakan fenomena pembentukan awan yang terjadi akibat kondisi dinamika atmosfer.

Tarjono mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang karena fenomena tersebut tidak menyebabkan terjadinya bencana alam.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved