Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Pencanangan BIAN 2022, Pemkab Anambas Targetkan Cakupan Imunisasi Anak Meningkat

Ada belasan ribu anak di Anambas yang menjadi sasaran kegiatan BIAN. Di antaranya untuk campak sebanyak 13.600 anak, sasaran IPV sebanyak 1.900 anak

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas bersama sejumlah unsur FKPD melepas balon ke udara sebagai tanda dibukanya pencanangan Badan Imunisasi Anak Nasional, Rabu (18/5/2022) di SD Negeri 001 Tarempa. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara serentak dilaksanakan di Indonesia dan dipusatkan di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), hari ini, Rabu (18/5/2022).

Di Kabupaten Anambas sendiri, pencanangan itu dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat Sekretariat Daerah Anambas (KKA) Herianto di SD Negeri 001 Tarempa.

Dalam sambutannya, pencanangan BIAN tahap I ini dilaksanakan serentak secara nasional pada bulan Mei di sejumlah wilayah, khususnya di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

"Alhamdulillah hari ini kita juga dapat melaksanakannya di Kabupaten Kepulauan Anambas tepatnya di SD Negeri 001 Tarempa," ucapnya.

Ia mengatakan, Pemkab Anambas turut mengapresiasi terlaksananya pencanangan BIAN yang akan melibatkan sejumlah tenaga kesehatan yang ada di fasilitas kesehatan setempat.

"Harapan kami kiranya dengan kegiatan ini cakupan imunisasi anak di Anambas dapat meningkat," terangnya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Anambas, Yessy Ariessandy menerangkan, pencanangan BIAN tahap I tahun 2022 tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI, (Kemenkes) dan instruksi Gubenur Kepri.

"Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia telah mengakibatkan kegiatan imunisasi rutin tidak dapat berjalan secara optimal. Berdasarkan beberapa data tahun terakhir menunjukkan penurunan yang signifikan, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan," ucapnya.

Baca juga: Menkes Budi Canangkan BIAN di Kepri, Ansar Targetkan Cakupan Imunisasi Diperluas

Baca juga: MTQ Kepri 2022 Bakal Diundur? Sekda Anambas Tunggu Keputusan Resmi Provinsi

Kegiatan imunisasi anak di SD Negeri 001 Tarempa, Rabu (18/5/2022) bertepatan dengan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang dipusatkan di Kepri
Kegiatan imunisasi anak di SD Negeri 001 Tarempa, Rabu (18/5/2022) bertepatan dengan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang dipusatkan di Kepri (tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)


Yessy melanjutkan, dengan adanya Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), kegiatan pemberian satu dosis imunisasi tambahan campak dan rubella secara massal dapat memutuskan transmisi terhadap penularan virus tersebut.

"Selain itu juga sebagai upaya untuk melengkapi imunisasi yang dikenal dengan istilah imunisasi kejar bagi anak balita," ungkapnya.

Menurutnya, dalam memenuhi cakupan imunisasi anak yang optimal di Anambas, tentunya memerlukan kesepahaman dan kerja sama antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat.

"Pencanangan ini bukan hanya samata-mata tanggung jawab Dinkes saja. Namun tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah daerah, maupun di desa dan dukungan dari setiap orang tua. Karena imunisasi sangat memberi banyak manfaat kepada anak-anak," jelasnya.

Adapun sasaran imunisasi kejar diperuntukkan kepada anak usia 12 bulan sampai dengan 59 bulan dan untuk sasaran imunisasi MR anak usia 9 tahun sampai dengan usia 15 tahun.

"Sementara sasaran BIAN di Kepulauan Anambas untuk campak sebanyak 13.600 anak, sasaran IPV sebanyak 1.900 anak, sasaran OPV sebanyak 833 anak dan sasaran DPT-HB-Hib sebanyak 379 anak," ujarnya. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved