Breaking News:

Kemenkumham Kepri

Lakukan Pemantauan, Kanwil Kemenkumham Kepri Undang APH, OPD, Pengelola Mall Tanjungpinang

Kantor Kemenkumham Kepri melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyelenggarakan kegiatan Kerjasama Pemantauan/ Pengawasan

ist
Kantor Kemenkumham Kepri melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyelenggarakan kegiatan Kerjasama Pemantauan/ Pengawasan 

TRIBUNBATAM.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyelenggarakan kegiatan Kerjasama Pemantauan/ Pengawasan di Bidang Kekayaan Intelektual Dengan Instansi Terkait dengan mengangkat tema “ Validasi Pusat Perbelanjaan Berbasis Kekayaan Intelektual Dalam Rangka Sertifikasi Pusat Perbelanjaan di Provinsi Kepulauan Riau ” di Hotel CK Tanjungpinang ( rabu / 01 juni 2022 ).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau Saffar Muhammad Godam ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu ; Cecep Sarip Hidayat, ( Subkoordinator Pencegahan pada Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa) , Alphonzus Widjaja ( Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia ( DPP APPBI ) dan Suyono Saputro ( Pejabat Sementara Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian dan Perdagangan Pada Kamar Dagang Industri ( KADIN ) Provinsi Kepri ).

Dalam sambutannya Kakanwil berharap kegiatan ini nantinya akan mampu memberikan energi positif bagi kita semua terutama dalam upaya untuk melakukan pemantauan / pengawasan terhadap kekayaan intelektual di seluruh wilayah indonesia.

“ Sebagaimana arahan dari Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual pada kegiatan koordinasi program unggulan DJKI tahun 2022 yang mana salah satunya menjadikan kekayaan intelektual sebagai pendukung pemulihan ekonomi nasional , serta mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan pembangunan budaya, melalui sertifikasi pusat perbelanjaan. Oleh karena itu saya berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif terutama bagi peningkatan perekonomian nasional kita “, ujar Kakanwil.

Ditahun 2021 DJKI telah melaksanakan kegiatan di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. sasaran utama pada kegiatan tersebut adalah pelaku usaha dan tempat-tempat perdagangan, mengacu pada sasaran yang telah disebutkan, penting kiranya melakukan pendataan terhadap pusat perbelanjaan yang menyediakan tempat usaha, memberikan edukasi sertifikasi pusat perbelanjaan kepada pengelola pusat perbelanjaan, tenant dan pengunjung pusat perbelanjaan.

Pentingnya Kerjasama Pemantauan / Pengawasan di bidang KI dengan Instansi Terkait diharapkan akan mampu mengurangi pelanggaran-pelanggaran terhadap Kekayaan Intelektual di Indonesia, hal ini juga disampaikan oleh Kakanwil pada kegiatan yang diikuti oleh 50 orang peserta dengan berbagai latar belakang profesi diantaranya Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, PPNS KI Kantor Wilayah, Sentra KI, Bea Cukai Tanjungpinang, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Stakeholder terkait, dan Pengelola Mall di Tanjungpinang.

“ Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau terus berupaya melakukan pemantauan/pengawasan dan pencegahan pelanggaran kekayaan intelektual melalui kegiatan sosialisasi, promosi, diseminasi dan melakukan koordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal pengawasan potensi pelanggaran kekayaan intelektual di daerah, serta penguatan fungsi Penyidik Pegawai Negeri Sipil ( PPNS ) dalam proses penegakan hukum kekayaan intelektual untuk memberikan jaminan kepastian hukum bagi pemilik hak kekayaan intelektua “, sebutnya.

Pemantauan/pengawasan dilaksanakan dengan tujuan sebagai tindakan preventif dari pemerintah untuk hadir sebagai garda terdepan untuk mengurangi banyaknya pelanggaran kekayaan intelektual yang ada di Indonesia, tambahnya.(*)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved