Breaking News:

Kanwil DJP Kepri

Pajak Ranai Sosialisasikan Aturan Baru Kewajiban Pajak Bendahara Instansi Pemerintah

KP2KP Ranai  bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Pinang menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan

ist
Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Ranai  bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Pinang menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.03/2022 (PMK 59) 

TRIBUNBATAM.id - Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Ranai  bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Pinang menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.03/2022 (PMK 59) yang merupakan aturan turunan dari Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) di Natuna (Selasa, 31/5).

PMK 59 ini mengatur tata cara pendaftaran dan penghapusan NPWP, pengukuhan dan pencabutan pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP), serta pemotongan /pemungutan, penyetoran, dan pelaporan pajak bagi Instansi Pemerintah.

Sosialisasi ini disambut antusias oleh 73 peserta yang merupakan bendahara dan operator pajak Instansi Pemerintah Daerah, Instansi Pemerintah Desa, dan Instansi Pemerintah Pusat di Kabupaten Natuna. “Aturan PMK 59 ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum, memberikan kemudahan perpajakan dan mendukung gerakan nasional nontunai,” jelas Kepala KP2KP Ranai Agus Heryana pada sambutannya.

Agus menjelaskan juga bahwa aturan tersebut mendukung penggunaan produk dalam negeri serta mewujudkan pengadaan langsung Instansi Pemerintah yang transparan dan efisien melalui Sistem Informasi Pengadaan Pemerintah.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) berharap dengan kegiatan ini, bendahara dan/atau operator pajak lebih memahami aturan terbaru yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.(*)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved