Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Minim Anggaran, Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Anambas Bakal Dikerjakan Bertahap

Kadis PUPR Anambas Andyguna sebut, pihaknya telah buat perencanaan terkait pembangunan fasilitas air bersih. Namun anggaran yang ada terbatas.

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Anambas Andyguna 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Kebutuhan dasar air bersih masih menjadi persoalan serius yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Penduduk di berbagai desa per kecamatan, masih kesulitan mendapat air bersih lantaran tidak adanya fasilitas sumber air bersih di sana.

Apalagi saat musim kemarau berlangsung.

Dimintai tanggapannya, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Anambas Andyguna menyadari, salah satu tugas dan fungsi pihaknya ialah turut menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat Anambas.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah menyusun perencanaan pembangunan fasilitas sumber air bersih di berbagai Kecamatan untuk dialiri ke berbagai desa.

Namun dikarenakan anggaran pemerintah daerah tahun ini terbatas, maka pembangunan tersebut masih belum dapat dilaksanakan.

"Kami sudah membuat perencanaan, namun kondisinya hari ini kan anggaran pemerintah daerah yang tidak memungkinan untuk pembagunan itu dilaksanakan," ujarnya, Rabu (1/6/2022).

Andy menyebutkan, APBD Anambas tahun ini hanya sebesar Rp 900 miliar. Angka ini berbanding jauh dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,2 triliun.

Baca juga: Listrik Anambas Masih Biarpet, PLN Umumkan Lagi Jadwal Pemadaman Bergilir!

Baca juga: Kajari Natuna Kunjungi Anambas, Cek Pembangunan Masjid Agung Hingga Landscape MTQ Kepri

"Jadi masalah air bersih ini bukan hanya Desa Mengkait, namun juga ada Desa Air Asuk, Desa Kiabu dan beberapa desa lainnya yang masih banyak belum memiliki sumber air bersih," terangnya.

Ia melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas juga telah mengupayakan bantuan dari anggaran pusat untuk pembangunan embung dan intake air bersih.

"Sesuai arah pimpinan, kita juga sudah usulkan dan ajukan perencanaan itu ke Kementerian dan juga melalui Dana Alokasi Khusus. Hanya kondisinya juga sama, anggaran pusat juga terbatas," jelasnya.

Maka dari itu, untuk pembangunan fasilitas air bersih akan terus diupayakan oleh pihaknya meski dengan kondisi bertahap.

"Insya Allah, intinya kita akan lakukan pembangunan itu secara bertahap nantinya," tukasnya.

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved