Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

HARGA Tiket Ferry Batam - Singapura PP Naik Rp 300 Ribu, Gubernur Takut Wisman Pilih Destinasi Lain

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad minta harga tiket kapal dari Kepri tujuan Singapura diturunkan dari harga yang saat ini diberlakukan.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
Biro Adpim Pemprov Kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad minta harga tiket Batam ke Singapura PP diturunkan setelah naik Rp 300 ribu. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri), Ansar Ahmad minta harga tiket kapal dari Kepri tujuan Singapura diturunkan dari harga yang saat ini diberlakukan.

Permintaan itu disampaikan Ansar saat bertemu dengan operator kapal rute Kepri - Singapura di Batam, Selasa (14/6/2022). 

"Kemarin ada operator kapal Sindo Ferry Singapura, Majestic Fast Ferry, Horizon Ferry, dan lainnya," kata Gubernur Ansar di Batam, Rabu (15/6/2022).

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Ansar telah melayangkan surat resmi kepada empat operator. 

Dalam surat tersebut, meminta keempat operator melakukan penyesuaian penurunan tarif penumpang angkutan laut luar negeri/ internasional. 

Dasarkan permintaan Gubernur pada UU 17/2008  tentang pelayaran. 

"Agar kiranya tarif penumpang angkutan laut luar negeri yang ditetapkan oleh penyelenggara angkutan dapat dilakukan penyesuaian kembali berdasarkan tingkat pelayanan yang diberikan dan peraturan yang berlaku. Hal ini guna untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," bunyi isi surat tersebut.

Ansar menembuskan surat kepada Menteri Perhubungan (Menhub), dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut RI.

Baca juga: Gubernur Kepulauan Riau Datangi KLHK Bahas Lahan Bandara Karimun

Baca juga: Gubernur Kepulauan Riau Lepas 449 Jemaah Calon Haji Embarkasi Batam Kloter Pertama

Sebagai informasi, saat ini harga tiket pulang-pergi rute Kepri-Singapura naik menjadi Rp 800 ribu dari harga sebelum pandemi sekitar Rp 500 ribu.

"Makanya, tadi malam saya kumpulkan dan meminta mereka membicarakan sesama mereka. Kalau sekarang harga masih Rp800 ribu dengan perjalanan 40 menit. Dari Tanjungpinang itu kira-kira Rp 1 juta, kalau dengan pajak pelabuhan (seaport tax) di Singapura 7 dolar, dan juga seaport tax di Tanjungpinang perjalanan 2 jam itu Rp1 juta. Ya, mudah-mudahan mereka bisa turunkan itu," ungkap Gubernur.

Ansar khawatir, dengan harga tiket tinggi akan memberatkan masyarakat ataupun wisman, menyebabkan wisman memilih lokasi tujuan dengan harga tiket yang lebih murah. (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra) 

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved