Breaking News:

Batam Singapura Jadi Saksi Mahathir Mohamad Mohon ke Indonesia, Kini Klaim Kepulauan Riau

Pernyataan eks Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad terkait Kepulauan Riau dan Singapura memantik reaksi banyak pihak di Indonesia.

Kompas.com
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad saat wawancara dengan Reuters di Kuala Lumpur, Malaysia, 13 Maret 2020. Gubernur Kepulauan Riau bereaksi terkait pernyataan Mahathir soal klaim negeri jiran terhadap Kepri. 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Pernyataan eks Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menjadi sorotan sejak beberapa hari terakhir.

Setidaknya untuk warga Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam pidatonya saat menghadiri acara di Selangor yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi non-pemerintah di bawah bendera Kongres Survival Melayu (Kongres untuk Kelangsungan Hidup Melayu), Minggu (19/6/2022), pria 96 tahun itu menyebut Malaysia seharusnya mengklaim wilayah Kepri.

Tidak hanya Kepri, Mahathir Mohamad juga menyebut Singapura yang pernah dimiliki oleh Johor dan negara bagian Johor harus kembali ke negeri jiran itu.

Pernyataan yang ia sampaikan ini, jelas memantik reaksi sejumlah pihak di Indonesia.

Gubenur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad satu di antaranya.

Baca juga: Ketua Kadin Batam Bersitegang dengan Agen Ferry Bahas Harga Tiket Batam-Singapura

Baca juga: Mahathir Mohamad Sebut Negeri Jiran Malaysia Harus Klaim Singapura dan Kepulauan Riau

Selain kecewa dengan pernyataan yang disampaikan oleh Mahathir Mohamad, menurut Ansar, Mahathir harus kembali mempelajari konsep kedaulatan negara.

“Seharusnya sekelas Pak Mahathir mengerti mengenai kedaulatan sebuah Negara," kata Ansar seraya tersenyum ditemui di Golden View Hotel, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Selasa (21/6/2022).

Ansar menegaskan sampai kapan pun Kepri adalah bagian kedaulatan dari Indonesia.

Provinsi Kepri adalah bagian Indonesia sekaligus pulau terdepan di Indonesia.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved