Breaking News:

Pemkab Karimun

Pemkab Karimun Bidik Penghargaan Kesetaraan dan Keadilan Gender

Pemkab Karimun melalui Wakil Bupati Anwar Hasyim memimpin rakor sebagai salah satu cara membidik penghargaan keadilan dan kesetaraan gender.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Rapat koordinasi dan pelatihan tim vocal point PUG, antar lembaga vertical, LSM, media dan dunia usaha, di ruang rapat Cempaka Putih, Kamis (30/6/2022). Wakil Bupati Karimun berharap pelatihan koordinasi yang diikuti oleh para peserta mampu menjadi solusi untuk meminimalisir kesenjangan gender di tengah masyarakat. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Wakil Bupati Anwar Hasyim memimpin rapat koordinasi dan pelatihan tim vocal point PUG antar lembaga vertical, LSM, media dan dunia usaha, Kamis (30/6/2022).

Rapat koordinasi di ruang rapat Cempaka Putih, Kamis (30/6/2022) itu, Anwar Hasyim berharap agar pelatihan koordinasi yang diikuti oleh para peserta mampu menjadi solusi untuk meminimalisir kesenjangan gender di tengah masyarakat.

Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Karimun nomor 6 tahun 2015, tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam Pembangunan, bahwa pelaksanaan PUG harus terefleksikan dalam proses penyusunan kebijakan perencanaan dan penganggaran.

"Sehingga Kabupaten Karimun dapat mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di berbagai sektor pembangunan, dan tersusun analisa anggaran yang responsif gender di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuannya untuk menjamin agar semua yang telah direncanakan dan dianggarkan oleh semua lembaga pemerintah maupun lembaga lainnya sudah responsif gender," ujar Anwar Hasyim, Wakil Bupati Karimun.

Baca juga: Susi Air Buka Rute Karimun - Padang, Berikut Jadwal Penerbangan dan Harga Tiket

Baca juga: Tanpa Sertakan Sertifikat Vaksin, Simak Jadwal Keberangkatan Kapal di Pelabuhan Karimun, Rabu (29/6)

Ia menambahkan, indikator penilaian dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi (LAKIP) Bupati Karimun, ialah angka Indeks Pembangunan Gender (IPG) yang di dalamnya terdapat Gender Analysis Pathway dan Gender Budget Statement (GAP dan GBS).

"Analisis gender adalah proses analisis data gender sistematis, dalam mengidentifikasi dan memahami pembagian kerja atau peran perempuan dan laki-laki, akses kontrol terhadap sumber daya pembangunan dan manfaat pembangunan," ujarnya.

Menurutnya, hal ini sesuai untuk mengungkap permasalahan terjadinya ketimpangan kedudukan, fungsi, peran, dan tanggungjawab antara laki-laki dan perempuan, dalam konteks perbedaan kelas sosial, ras dan suku bangsa.

"Penyusunan PPRG bukanlah tujuan akhir, melainkan merupakan sebuah kerangka kerja atau alat analisis, untuk mewujudkan keadilan dalam penerimaan manfaat pembangunan bagi laki-laki, perempuan, anak, lansia dan disabilitas," ujarnya.

Baca juga: Waspada PMK, Dinas Pangan dan Pertanian Dirikan Dua Posko di Karimun dan Pulau Kundur

Baca juga: Karimun Zero Kasus Covid-19, Kadinkes Optimis Kembali Zona Hijau Corona

APE merupakan sebuah penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan lembaga pemerintah daerah.

Dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Pengarusutamaan Gender (PUG). (TRIBUNBATAM.id/Yeni Hartati)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Karimun

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved